Dark/Light Mode

Ramadan, Penjualan Baju Muslim Di Tokopedia & TikTok Shop Naik 12,5 Kali Lipat

Sabtu, 6 April 2024 15:21 WIB
Aplikasi Tokopedia. (Foto: Ist)
Aplikasi Tokopedia. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tokopedia bersama TikTok Shop meraih sejumlah kenaikan penjualan selama Ramadan 2024. Rata-rata kenaikan pun bisa mencapai double digit untuk keseluruhan kategori produk.

Penjualan fashion muslim menjadi produk paling laris dengan mengalami kenaikan hingga 12,5 kali lipat di platform Tokopedia maupuan di aplikasi TikTok Shop. Fashion muslim tersebut menyangkut kaftan, gamis, baju koko, busana muslim keluarga, maupun abaya.

“Kami melihat masyarakat mulai lebih banyak membeli produk-produk kebutuhan yang berkaitan erat dengan Lebaran, seperti untuk mudik dan berkunjung ke rumah keluarga atau kerabat,” ucap Head of Communications Tokopedia Aditia Grasio Nelwan di Jakarta, Sabtu (6/4/2024).

Baca juga : Ramadan dan Idul Fitri, J&T Cargo Prediksi Volume Kirim Naik 2 Kali Lipat

Ia membeberkan, setelah Tunjangan Hari Raya (THR) Lebaran turun, animo belanja masyarakat dalam berbelanja cenderung meningkat. Di Tokopedia, sejumlah kategori produk, seperti Fashion Muslim, Fashion Wanita, Fashion Anak dan Bayi, Otomotif serta Makanan dan Minuman, mengalami kenaikan penjualan yang signifikan. 

Sedangkan pada platform Shop | Tokopedia di aplikasi TikTok, beberapa kategori produk, yaitu Kecantikan dan Perawatan Diri, Elektronik, Fashion Wanita, Fashion Muslim, serta Fashion Pria, juga mengalami peningkatan transaksi yang sangat tinggi (data 25-31 Maret 2024 dibandingkan rata-rata transaksi mingguan di bulan Februari 2024).

Dalam membantu pelaku usaha meningkatkan penjualan di Ramadan hingga Lebaran 2024, Tokopedia dan TikTok menghadirkan kampanye Ramadan Esktra Seru pada 27 Maret-5 April 2024. 

Baca juga : Ramadan, Transaksi Penjualan Seller Tokopedia TikTok Melonjak 1,4 Kali Lipat

“Lewat kampanye ini pelaku usaha bisa mempromosikan dan menjual produknya di halaman khusus Ramadan Ekstra Seru melalui aplikasi dan website Tokopedia, dan Shop | Tokopedia di aplikasi TikTok,” ujarnya.

Aditia mengatakan, selain memberikan panggung kepada pelaku usaha secara online, Tokopedia dan TikTok juga menghadirkan 'Festival Ramadan Ekstra Seru' secara offline di City Hall, Pondok Indah Mall 3 pada 14-17 Maret 2024 lalu. 

Festival ini menghadirkan berbagai pilihan produk kebutuhan Ramadan hingga Lebaran, termasuk fesyen dan kecantikan serta masih banyak lagi, dari sederet pelaku usaha lokal ternama khususnya UMKM.

Baca juga : Jelang Ramadan, Dompet Dhuafa Ajak Umat Muslim untuk Saling Berbagi

“Puluhan pelaku usaha lokal yang berpartisipasi dalam Festival Ramadan Ekstra Seru pun merasakan dampak positif. Secara keseluruhan, mereka mengalami rata-rata peningkatan transaksi penjualan lebih dari 11 kali lipat,” sebutnya. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.