Dark/Light Mode

Kolaborasi Askrindo Syariah dan UNPAD Dukung Mahasiswa Jadi Wirausaha Muda

Rabu, 15 Mei 2024 20:02 WIB
Askrindo Syariah berkerja sama dengan Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB) Universitas Padjajaran (UNPAD) menggelar kuliah umum, Rabu (15/5/2024). (Foto: Istimewa)
Askrindo Syariah berkerja sama dengan Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB) Universitas Padjajaran (UNPAD) menggelar kuliah umum, Rabu (15/5/2024). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Komisaris Utama PT Jaminan Pembiayaan Askrindo Syariah (PT JPAS), Siti Ma’rifah memberikan kuliah umum di ruang Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB) Universitas Padjajaran (UNPAD), Jatinangor Jawa Barat, Rabu (15/5/2024).

Acara tersebut dihadiri lebih dari 200 mahasiswa dan dosen FEB serta dimoderatori oleh Asep Mulyana,  Ketua Program Studi Magister Manajemen Keuangan Mikro Terpadu & Ketua Konsentrasi Kewirausahaan FEB UNPAD.

Wakil Dekan FEB UNPAD Kurniawan menyampaikan,  bahwa kuliah umum ini bertujuan membuka wawasan mahasiswa akan pentingnya membangun jiwa kewirausahaan sejak dini.

Baca juga : PWM Jabar Ajak Kolaborasi Gerakan Dakwah dan Kemanusiaan Universal

Pada kuliah umum tersebut juga menghadirkan pembicara lainnya yaitu Antoni Ludfi Arifin, dosen, penulis, dan praktisi bisnis.

Dalam paparannnya, Antoni menyatakan pentinya membangun nilai-nilai IKHTIAR, yaitu integrity, kolaborasi, humble (kerendahatian), Tacful (kearifan), inspiring others (menginspirasi), agile (lincah), dan respect (saling menghormati), nilai kebaikan ini yang bisa menjadi bekal mahasiswa memulai berwirausaha.

Siti Ma’rifah menyatakan kolaborasi adalah jalan terbaik bagaimana kita bisa mendapatkan sumber daya yang tidak dimiliki dengan berbagi dari mitra lain yang memiliki.

Baca juga : Kolaborasi BNI dan UNUD, Sediakan Kartu Mahasiswa Multifungsi

Sebagai contoh, tidak musti harus memiliki pabrik untuk berusaha, namun bisa melakukan maklon/tool manufacturing ke sumber yang memiliki pabrik.

Lebih lanjut Siti Ma'rifah menjelaskan, kolaborasi ini bisa juga dilakukan antarmahasiswa yang memiliki potensi yang tidak dimiliki lainnya.

Hal ini termasuk kolaborasi antara kampus dan industri, akademisi dan praktisi. Inkubasi bisnis yang dilaksanakan mahasiwa dapat bekerjasama dengan perusahaan.

Baca juga : KBRI Bangkok Pamerkan Budaya Indonesia Pada Mahasiswa Thailand Di Universitas Tsammasat

Termasuk Askrindo Syariah berkolaborasi dengan perguruan tinggi untuk program pemagangan mahsiswa, dan peningkatan kompetensi karyawan Askrindo Syariah melalui studi lanjut ke perguruan tinggi.

Ia menambahkan, dengan adanya kuliah umum tersebut diharapkan dapat memberikan manfaat kepada mahasiswa berwawasan dan kemauan untuk menjadi Wirausaha Muda.

Acara kuliah umum ini selanjutnya akan ditindaklanjuti dengan desk signing (penandatanganan) secara sirkular MoU antara FEB UNPAD dan  Askrindo Syariah terkait program magang, kerja sama perkuliahan dalam pengembangan usaha mikro dan lembaga keuangan mikro syariah, dan kerja sama lainnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.