Dark/Light Mode

Teken MoU, Surveyor Indonesia Dan KIMA Dukung Kawasan Industri Makassar Berstandar Internasional

Rabu, 22 Mei 2024 16:11 WIB
Surveyor Indonesia menandatangani MoU dengan Kawasan Industri Makassar (PT KIMA) tentang pelaksanaan pekerjaan bersama di bidang jasa survey, inspeksi. (Foto: Dok. Surveyor Indonesia)
Surveyor Indonesia menandatangani MoU dengan Kawasan Industri Makassar (PT KIMA) tentang pelaksanaan pekerjaan bersama di bidang jasa survey, inspeksi. (Foto: Dok. Surveyor Indonesia)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Surveyor Indonesia (SI) menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan PT Kawasan Industri Makassar (PT KIMA) tentang pelaksanaan pekerjaan bersama di bidang jasa survey, inspeksi, verifikasi, konsultansi, serta sertifikasi dalam rangka mendukung kegiatan usaha di Kawasan Industri Makassar.

Penandatanganan dilakukan langsung Direktur Utama PT Surveyor Indonesia Sandry Pasambuna dan Direktur Utama PT KIMA Alif Abadi.

Direktur Utama PTSI Sandry Pasambuna mengatakan, sebagai bagian dari Holding BUMN (Badan Usaha Milik Negara) Jasa Survei atau IDSurvey, yang bergerak di industri Testing, Inspection and Certification (TIC), pihaknya akan memberikan dukungan pada PT KIMA selaku pengelola Kawasan Industri Makassar.

Baca juga : Indonesia Dan Korsel Perkuat Kerja Sama Sektor Industri, Perdagangan, Dan Energi

Yakni, melalui pekerjaan pemantauan lingkungan, penyusunan dokumen lingkungan, penyusunan master plan Kawasan Industri, sertifikasi layak operasi, sertifikasi riksa uji, audit SMK3, ISO 9001, ISO 14001 dan sistem integrasinya.

Hingga, supervisi atau manajemen konsturksi, sertifikat layak fungsi, perijinan bangunan gedung dan commissioning, serta verifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

Pihaknya juga telah menjadi bagian dari Keluarga PT KIMA, dengan hadirnya laboratorium lingkungan PTSI di Kawasan Industri Makassar ini.

Baca juga : Pemprov Jabar Dorong GIPI Kelola Industri Pariwisata Jabar Secara Profesional

Sandry berharap, kerja sama ini dapat menjadi kemitraan yang mampu mendorong perkembangan Kawasan Industri nasional.

“Saya berharap nota kesepahaman ini,  bukan hanya hitam di atas putih saja. Namun, dapat menjadi awal terjalinnya hubungan kemitraan yang saling menguntungkan demi kemajuan PT KIMA dan Surveyor Indonesia, khususnya dalam lingkup manajemen Kawasan industri sebagai sentra pertumbuhan ekonomi regional," ujar Sandry, melalui siaran pers, Rabu (22/5/2024).

Saat ini, IDSurvey sudah menjadi Top 3 Asia Pasifik, di maan kompetensi yang dimiliki perseroan ditambah pengalaman dari PT KIMA selaku pengelola kawasan akan membawa Kawasan Industri Makassar tumbuh semakin kuat.

Baca juga : Bamsoet Dorong Peran Swasta dalam Industri Pertahanan dan Keamanan

"Yang nantinya, dapat menjadi salah satu faktor pendukung pertumbuhan industri nasional, bahkan mungkin dapat menembus pasar global,” harap Sandry.

Di kesempatan yang sama, Direktur Utama PT KIMA Alif Abadi, mengungkapkan, pihaknya merupakan bagian dari Danareksa dengan visi menjadi perusahaan pengelola kawasan yang smart, modern dan green dengan output  terbesar.

"Kerja sama dengan PT Surveyor Indonesia, merupakan sinergi dengan BUMN agar dapat mewujudkan Kawasan Industri yang berdaya saing tinggi dan berstandar internasioal,” ujar Alif.    

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.