Dark/Light Mode

Laris Di Marketplace, Puluhan Produk Raih Brand Choice Award 2024

Jumat, 31 Mei 2024 10:18 WIB
Para pengusaha penerima Brand Choice Award 2024. (Foto; Ist)
Para pengusaha penerima Brand Choice Award 2024. (Foto; Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka -

Kemajuan dalam aktivitas belanja online di kalangan masyarakat telah mendorong konsumen untuk menjadi lebih teliti dalam membaca ulasan dan penilaian suatu merek sebelum membuat keputusan. Marketplace menjadi salah satu platform favorit untuk belanja online karena memudahkan konsumen menemukan produk yang sesuaidengan kriteria tersebut.

Selain ulasan dan penilaian, pilihan konsumen juga dipengaruhi oleh berbagai faktor lain, seperti kebutuhan berdasarkan usia. Usia konsumen sendiri mempengaruhi perilaku mereka dalam memilih produk atau merek.

Susilowati Ningsih, CEO INFOBRAND.ID mengungkapkan, sekarang ini Generasi Z atau Gen Z menjadi pasar yang sangat besar karena jumlah mereka yang banyak, sehingga para brand perlu menmpertimbangkannya untuk menghadirkan produk atau layanan yuntuk Gen Z yang memiliki potensi bisnis yang besar. 

“Fakta ini tentunya harus menjadi pertimbangan penting bagi para pelaku brand dan bisnis dalam menghadirkan produk dengan potensi bisnis yang besar, serta dalam memenuhi kebutuhan dan perilaku pasar, sehingga brand yang dimiliki tetap menjadi pilihan utama para konsumen,” kata Susi dalam Award Ceremony Brand Choice Award 2024 di Hotel JW Marriot, Jakarta.

Baca juga : Mendagri Dorong Pemda Di Papua Penuhi Kebutuhan Anggaran Pilkada Serentak 2024

Oleh karena itu, lanjut Susi, INFOBRAND.ID kembali menggandeng TRAS N CO Indonesia untuk menyelenggarakan Brand Choice Award 2024. BRAND CHOICE AWARD merupakan bentuk apresiasi dan pengakuan bergengsi kepada brand-brand nasional dan internasional yang memasarkan produknya melalui marketplace di Indonesia, dan telah berhasil menjadi brand pilihan konsumen.

“Ini penyelenggaraan Brand Choice Award yang ke-12. Kami percaya, para penerimapenghargaan ini adalah brand yang cerdas dan terus mengoptimalkan strategi mereka di platform marketplace untuk memastikan brand tetap relevan dan kompetitif di pasar digital yang terus berkembang,” ujarnya.

Sementara itu, Tri Raharjo, CEO TRAS N CO Indonesia & Chairman Indonesia Brand Community (IBC) menyatakan, di Tengah dunia e-commerce yang dinamis, menjadi brand pilihan konsumen adalah suatu pencapaian yang perlu diperjuangkan. Dengan kombinasistrategi yang tepat, perhatian pada kualitas, dan komitmen untuk memberikan pengalamanterbaik bagi konsumen.

“Oleh karena itu, kami menyelenggarakan riset Brand Choice Index 2024 untuk melihattingkat keterpilihan brand oleh konsumen di ranah digital melalui Digital Brand Awareness Aspect, Digital Consumer Reviews & Rating Aspect, dan Digital Consumer Choice Aspect,” jelasnya.

Kemudian brand-brand yang menempati peringkat atas dalam riset Brand Choice Index yang menggunakan tiga parameter penilaian digital, seperti Digital Brand Awareness Aspect, Digital Consumer Choice Aspect, dan Digital Consumer Reviews & Rating Aspect berhakmemperoleh penghargaan Brand Choice Award 2024.

Baca juga : Vastu Garden City Raih Penghargaan Duo Award 2024

“Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi dan pengakuan bergengsi kepada brand-brand nasional dan internasional yang memasarkan produknya melalui marketplace di Indonesia, dan telah berhasil menjadi pilihan konsumen,” imbuh Tri.

Selain itu, berdasarkan hasil riset brand choice untuk fase 1 tersebut TRAS N CO Indonesiamencatat, terdapat 10 kategori dengan transaksi terbanyak melalui official store di dua marketplace teratas di Indonesia; Pertama kategori Lipstik dengan 7,7 juta transaksi, mendapatkan 5,4 juta review, dengan rating rata-rata 4,77 dari 5. Kedua, kategori Body Lotion dengan 6,5 juta transaksi, 4,3 juta review dengan rating-rata 4,72. Ketiga, kategoriSabun Mandi Cair 4,6 juta transaksi, 2,8 juta review dengan rating rata-rata 4.80. Keempat, kategori Shampoo mendapatkan 4,3 juta transaksi, 2,6 juta review, dengan rating rata-rata 4,79.

Kelima, kategori Facial Wash dengan 4,2 juta transaksi, 2,8 juta review dengan rating rata-rata 4,90. Keenam, kategori Bedak Wajah dengan 4,3 juta transaksi, 2,6 juta review denganrating-rata 4,75. Ketujuh, kategori Deterjen dengan 3,8 juta transaksi, 2,1 juta review denganrating rata-rata 4,92.

Di urutan kedelapan ada kategori Pasta Gigi dengan 3,4 juta transaksi, 1,9 juta review dengan rating rata-rata 4,90. Kesembilan, kategori Toner dengan 3 juta transaksi, 1,8 juta review dengan rating rata-rata 4,62. Dan kesepuluh, kategori Mascara dengan 2,7 juta transaksi, 1,8 juta review dengan rating penilaian rata-rata 4,88 dari 5.

Pada penyelenggaraan Brand Choice Award 2024, berikut brand-brand yang berhasil meraih brand choice award tahun ini; MOTUL (Oli Mobil & Oli Motor), FLUSSO (Kran Air & Kran Double), LACTACYD BABY & LACTACYD (Baby Bath & Feminine Care), COOLVITA (Multivitamin), BRASOV (Nail Polish & Nail Polish Remover), PROMAG(Obat Maag), MOELL (Hair Lotion), FINEGA (Cuka Apel), PINK RABBIT LENS (Softlens), LG (AC), CYPRUS (Wajan Anti-lengket), GENTLY (Baby Cream), GERRY BUTTER COOKIES (Butter Cookies), CHOCOLATOS (Minuman Cokelat Kemasan & Wafer Stick), GERY SALUUT (Wafer & Malkist), MAMABEAR (Pelancar Asi), HANSAPLAST (Plester Luka), ENERVON ACTIVE (Vitamin B Kompleks), PRENAGEN (Susu Ibu Hamil dan Menyusui), TIMUR TENGAH (Kurma), dan PENYU(Kran Air), MORINAGA SOYA (Susu Formula Soya), SUGAR BABY (Bouncer), dan brand lainnya.

Baca juga : BNI Sabet 2 Penghargaan Marketeers Youth Choice Award 2024

“Kami ucapkan selamat kepada para peraih penghargaan, semoga prestasi sebagai brand pilihan konsumen dapat terus dipertahankan,” tandasnya.

Pada kesempatan yang sama, INFOBRAND.ID & Indonesia Brand Community IBC) juga menggelar INFOBRAND FORUM 2024 dengan tema Understanding Gen Z Consumer Behavior yang dibawakan oleh Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, M.Sc pakar perilaku konsumen dari Sekolah Bisnis, IPB University sekaligus President AACIM (Asian Association for Consumer Interest and Marketing).

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.