Dark/Light Mode

Mendagri Dorong Pemda Di Papua Penuhi Kebutuhan Anggaran Pilkada Serentak 2024

Rabu, 29 Mei 2024 22:16 WIB
Foto: Kemendagri.
Foto: Kemendagri.

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mendorong Pemerintah Daerah (Pemda) di wilayah Papua segera memenuhi kebutuhan anggaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024.

Dia menegaskan, memastikan ketersediaan anggaran merupakan salah satu tugas pemerintah dalam mendukung pelaksanaan Pilkada 2024.

“Dari tahun 2022 kami sudah menerbitkan surat edaran, semua daerah agar mempersiapkan koordinasi dengan KPUD, Bawaslu Daerah, Polri, TNI, jajaran untuk menyiapkan pembiayaan,” ujar Tito pada Rapat Koordinasi Kesiapan Penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun 2024 di Wilayah Papua,.di Hotel Aston Jayapura, Papua, Rabu (29/5/2024).

Lebih lanjut, Tito menjelaskan, pembiayaan Pilkada bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang realisasinya terbagi dalam dua tahap.

Tahap pertama yakni sebesar 40 persen bersumber dari APBD 2023 dan tahap kedua 60 persen dari APBD 2024.

Baca juga : Kemenag Ingatkan Jemaah Haji Patuhi Larangan Saat Berihram

Adapun besarannya sesuai dengan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) yang disepakati Pemda dengan penyelenggara maupun pihak keamanan.

Adanya tahapan realisasi pembayaran ini diterapkan agar keuangan daerah tidak terlalu terbebani.

“Oleh karena itulah dari tahun 2023, kita melakukan zoom meeting berkali-kali. Saya dengan tim mengecek semua daerah, mengejar-ngejar. Cepat bayar,” tegas eks Kapolri ini. 

Pada kesempatan itu, dirinya mengapresiasi karena 32 Pemda di Papua telah menyepakati NPHD dengan KPU Daerah maupun Bawaslu Daerah.

Namun, untuk kesepakatan dengan pihak keamanan, masih ada 14 Pemda yang belum menandatangani NPHD dengan TNI dan 12 Pemda dengan Polri.

Baca juga : Cegah Penyebaran Hoaks di Pilkada Serentak 2024 Harus Lebih Masif dan Aktif

Selain itu, masih ada Pemda yang belum sepenuhnya merealisasikan anggaran yang telah disepakati dalam NPHD.

Mendagri menjelaskan, dukungan anggaran kepada pihak keamanan dibutuhkan mengingat upaya menjaga keamanan perlu dilakukan jauh sebelum hari pemungutan suara.

“Bukan pada saat hari H, mulai penggalangan dari awal untuk cipta kondisi perlu biaya semua, ini artinya mulai dari sekarang (realisasi anggarannya)," ingatnya.

Tito meminta kepada para gubernur selaku wakil pemerintah pusat di daerah dapat menggelar rapat untuk mengejar kabupaten/kota yang belum merealisasikan anggaran Pilkada.

“Karena kalau tidak, nanti mereka bilang mereka tidak bisa melakukan Pilkada karena tidak ada uangnya, alasannya begitu saja ke tingkat pusat ngeluhnya ke saya, sudah kita beresin semua begitu,” tandasnya.

Baca juga : Masyarakat Diminta Cerdas Tangkal Hoax di Pilkada Serentak

Selain Mendagri, forum tersebut juga dihadiri Menteri Koordinator (Menko) Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Polhukam) Hadi Tjahjanto yang menjadi pembicara kunci.

Kemudian hadir pula narasumber lainnya dari KPU RI, Bawaslu RI, Polri, dan TNI.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.