Dark/Light Mode

Crystalin Apresiasi Pelajar Di Kompetisi Fisika Asia Lewat Dana Pembinaan

Kamis, 20 Juni 2024 07:28 WIB
Kompetisi Fisika bergengsi di Asia, Asian Physics Olympiad (APhO), kembali menjadi ajang pembuktian kemampuan pelajar Indonesia bersaing di tingkat global. (Foto: Istimewa)
Kompetisi Fisika bergengsi di Asia, Asian Physics Olympiad (APhO), kembali menjadi ajang pembuktian kemampuan pelajar Indonesia bersaing di tingkat global. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Salah satu kompetisi Fisika bergengsi di Asia, Asian Physics Olympiad (APhO), kembali menjadi ajang pembuktian kemampuan pelajar Indonesia bersaing di tingkat global.

APhO yang diselenggarakan pertama kali pada 24 tahun lalu secara konsisten diikuti oleh pelajar-pelajar terpilih dari berbagai SMA di Indonesia.

Pada 2024 delegasi Indonesia kembali mempersembahkan sejumlah medali mulai dari emas, perak, perunggu dan penghargaan Honorable Mention. Pencapain ini patut dibanggakan dan diapresiasi.

Crystalin, merek air minum dalam kemasan asli Indonesia memberikan penghargaan berupa dana pembinaan sebesar Rp 100 juta melalui Yayasan Sinergi Mencerdaskan Tunas Negeri (SIMETRI) selaku pembina Tim APho Indonesia 2024.

Baca juga : Cek Ke Lapangan, Direksi Pertamina Patra Niaga Pastikan Pasokan BBM Dan LPG Aman

"Kami menyadari torehan prestasi anak bangsa tidak hanya di bidang olahraga, tapi juga di bidang sains. Semoga prestasi tim APhO Indonesia pada tahun 2024 ini dapat mendorong semakin banyak pelajar Indonesia lebih giat lagi mempelajari bidang sains,” ujar Marketing and Sales Director Crystalin Wijoyo dalam keterangannya, Rabu (19/6/2024).

Tim APhO Indonesia 2024 baru saja selesai mengikuti acara APhO di Kampar, Malaysia, yang diselengarakan pada pekan pertama Juni 2024 di Kampus Universiti Tunku Abdul Rahman.

Tim yang terdiri dari 8 orang pelajar SMA terpilih ini berhasil menorehkan prestasi membanggakan dengan mendapatkan 1 medali emas, 1 medali perak, 3 medali perunggu dan 3 Honorable Mention.

“Event seperti APhO ini memang jauh dari gegap gempita, dan tidak banyak masyarakat Indonesia yang tahu dan mungkin peduli," ujar Wijoyo.

Baca juga : Ikuti Kompetisi Racik Jamu Kekinian Besutan PNM Dan Kementerian BUMN

Menurutnya, jika dibandingkan dengan event olahraga misalnya. Tetapi pembinaan SDM Indonesia di bidang sains tentunya tidak kalah penting.

"Kesadaran inilah yang mendorong Crystalin memberikan dukungan, dengan harapan semakin banyak pihak yang juga peduli dan mendukung," ucap Wijoyo.

Penyelenggaraan APhO 2024 kali ini merupakan yang terbesar dari jumlah peserta. Ada 28 tim dengan total peserta 280 pelajar dari berbagai negara di dunia.

Ada 27 negara yang berpartisipasi termasuk Indonesia. Medali emas untuk tim Indonesia dipersembahkan oleh Jack Howard Wijaya dari SMA Darma Yudha, Pekanbaru.

Baca juga : Taman Safari Gelar Kompetisi Internasional Foto Dan Video Hewan

"Kami berharap semoga dukungan untuk Tim Olimpiade Fisika Indonesia (TOFI) ke APhO terus berlanjut dan bertambah karena ini tahun pertama kebutuhan dana tercukupi dari sponsor. Tahun-tahun sebelumnya kami menutupi dari hasil pelatihan di yayasan Simetri,” ujar Herry Kwee salah satu pimpinan tim APhO Indonesia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.