Dark/Light Mode

Taman Safari Gelar Kompetisi Internasional Foto Dan Video Hewan

Kamis, 13 Juni 2024 08:04 WIB
Taman Safari Indonesia untuk ke-33 kalinya menggelar International Animal Photo and Video Competition (IAPVC) 2024 dengan tema Soul of the Wild. (Foto: Istimewa)
Taman Safari Indonesia untuk ke-33 kalinya menggelar International Animal Photo and Video Competition (IAPVC) 2024 dengan tema Soul of the Wild. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Taman Safari Indonesia untuk ke-33 kalinya menggelar International Animal Photo & Video Competition (IAPVC) 2024 dengan tema Soul of the Wild.

Acara ini merupakan komitmen Taman Safari Indonesia dalam mengedukasi masyarakat tentang konservasi satwa, melindungi satwa liar, dan melestarikan habitatnya di Indonesia.

Gelaran IAPVC 2024 ini tidak hanya sekedar menjadi ajang kompetisi foto dan video, tetapi juga sebagai sarana edukasi dan advokasi untuk konservasi satwa liar.

"Kami berharap acara ini dapat menumbuhkan apresiasi yang mendalam terhadap alam dan menginspirasi tindakan nyata untuk masa depan yang berkelanjutan bagi semua makhluk hidup,” ujar Direktur Pemasaran Taman Safari Indonesia Hans Manansang dalam keterangannya Rabu (12/6/2024).

Baca juga : Gelar Kompetisi Kriya Nusantara, Kemenperin Cari Perajin Anyaman Inovatif 

Melalui platform inklusif ini, ujar Hans para fotografer dari berbagai tingkatan dapat menunjukkan bakat mereka dan berkontribusi dalam upaya pelestarian satwa liar

Kompetisi ini menawarkan hadiah utama berupa produk Canon dan uang tunai bagi para pemenang.

Tahun ini, Taman Safari Indonesia memperkenalkan kategori baru yaitu “Photo Enthusiast” yang ditujukan bagi peserta berusia 10-18 tahun.

Lebih lanjut Hans menjelaskan, kategori ini bertujuan untuk mendorong partisipasi generasi muda dalam upaya konservasi, menanamkan kecintaan dan kepedulian terhadap satwa sejak dini.

Baca juga : Ridwan Kamil Terima Gelar Doktor Honoris Causa Dari University of Glasgow

Jajaran juri kompetisi IAPVC 2024 diisi oleh tokoh-tokoh ternama dalam bidang fotografi: Arbain Rambey, fotografer senior yang dikenal atas karya-karya jurnalistik dan dokumenternya.

Regina Safri, fotografer profesional dengan pengalaman luas dalam memotret satwa liar dan alam. Alexander Thian, travel blogger dan fotografer terkenal yang kerap membagikan kisah petualangannya melalui media sosial serta Adam Zagr, fotografer dan perwakilan dari Canon Datascrip.

Kategori kompetisi mencakup website yang terdiri dari kategori Endemic Animal untuk memamerkan keanekaragaman hayati satwa endemik Indonesia dan General untuk menampilkan berbagai jenis satwa liar dari seluruh dunia, serta kategori Social Media yang terbuka untuk semua kalangan, bukan hanya fotografer profesional.

Semua orang dapat berpartisipasi dan berbagi karya mereka di platform media sosial.

Baca juga : Kemenkominfo Gelar Kompetensi Strategi Komunikasi Kehumasan & Bimbingan Teknis

Menteri Lingkungan Hidup Dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya mengatakan, kompetisi ini bukan hanya tentang fotografi, tetapi juga tentang memperkuat kesadaran masyarakat akan pentingnya melestarikan satwa liar dan habitatnya.

"Saya berharap dapat menginspirasi lebih banyak orang untuk berkontribusi dalam upaya konservasi dan menunjukkan keindahan alam Indonesia kepada dunia," ucap Menteri Siti.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.