Dark/Light Mode

PJB Raih Juara 1 Di Ajang Annual Report Award 2018

Jumat, 15 November 2019 16:13 WIB
Dirut PT PJB Iwan Agung Firstantra (tengah) saat menerima penghargaan Juara 1 Di Ajang Annual Report Award 2018. (Foto : Humas PT PJB)
Dirut PT PJB Iwan Agung Firstantra (tengah) saat menerima penghargaan Juara 1 Di Ajang Annual Report Award 2018. (Foto : Humas PT PJB)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pembangkitan Jawa-Bali (PT PJB) kembali meraih penghargaan. PT PJB dianugerahi Juara 1 pada ajang Annual Report Award 2018, kategori Private Non Keuangan Non Listed, di Jakarta, kamis (14/11) malam.

Direktur Utama PT PJB Iwan Agung Firstantra mengatakan, keikutsertaan PT PJB pada acara yang setiap tahun digelar oleh beberapa lembaga keuangan negara seperti BI, OJK, dan lainnya ini merupakan bentuk komitmen perusahaan terhadap keterbukaan serta pemberian informasi terhadap seluruh pemangku kepentingan.

"Pencapian penghargaan ini menjadi cerminan terhadap perusahaan sendiri, bahwa PT PJB harus dapat memenuhi harapan seluruh pemangku kepentingan terhadap informasi," kata Iwan dalam siaran pers.

Ditegaskan, pada Laporan Tahunan PT PJB Tahun 2018, PT PJB menunjukkan eksistensinya sebagai Perusahaan yang mampu menghadirkan laporan berkualitas serta relevan dengan perkembangan ekonomi dan industri kelistrikan saat ini.

Lebih jauh dia menjelaskan, pembangkitan terintegrasi dengan standar kelas dunia, maka PJB berupaya untuk memenangkan dukungan Stakeholders.

Baca juga : Jasa Raharja Raih Juara II Annual Report Award Tahun Buku 2018

Salah satu usahanya melalui penyediaan informasi yang akurat, tepat waktu, serta relevan (bermanfaat) baik untuk kebutuhan internal maupun eksternal perusahaan.

"Termasuk di dalamnya adalah penyajian informasi keuangan, yang mengharuskan PJB memberikan informasi keuangan secara baik dan informatif sesuai dengan ketentuan akuntansi yang berlaku di Indonesia," paparnya.

Salah satu aspek yang dominan adalah penerapan Good Corporate Governance (GCG). Pada penilaian Annual Report Award 2018, penguatan prinsip-prinsip GCG PJB seperti transparansi, akuntabilitas, pertanggungjawaban, kemandirian dan kewajaran terbukti telah dilakukan dengan baik dengan mendapatkan skor 94,17 (naik dari tahun sebelumnya, 93,63).

Adapun hal yang telah dilakukan di PJB sehingga mampu mendongkrak pencapaian skor implementasi GCG yang tinggi, antara lain Proses bisnis yang sistematis, Penguatan fungsi kepatuhan serta SPI dan Transformasi korporasi yang berpengaruh pada transformasi budaya.

"Termasuk kolaborasi antara fungsi pengelola dan pengawas yang semakin baik juga kesadaran pentingnya keterbukaan informasi," katanya.

Baca juga : WIKA Raih Juara I Annual Report Award 2018

PJB turut melaporkan seluruh kegiatan TanggungJawab Sosial Perusahaan sesuai dengan standar ISO 26000. Dimana Perusahaan diwajibkan untuk melaksanakan kegiatan CSR kepada seluruh pemangku kepentingannya, mulai dari karyawan hingga masyarakat umum.

ISO 26000 sendiri menjadi salah satu kriteria dari bagian CSR yang telah diperbaharui pada ARA 2018.

Untuk diketahui, ARA merupakan perhelatan yang diselenggarakan sejak Tahun 2002 oleh Kementerian BUMN dan beberapa lembaga lainnya seperti Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bank Indonesia (BI) hingga Bursa EfekIndonesia (BEI).

Setelah vakum di tahun sebelumnya, ARA kembali digelar dengan tema ‘Keakuratan Informasi Untuk Kinerja Perusahaan Secara Berkelanjutan dengan Memenangkan DukunganvStakeholders’.

Terdapat serangkaian proses yang perlu dilalui hingga mencapai tahap final, dimulai daribmelakukan submisi untuk self-assessment pada aplikasi ARA, verifikasi terhadap skor assessment, hingga akhirnya dipilih 4 besar untuk diwawancara secara langsung oleh dewan juri yang nantinya menentukan Juara 1, 2, dan 3 di malam penganugerahan.

Baca juga : PERSADA Sabet Japan Foundation Awards 2019

Secara keseluruhan, ARA memiliki 11 kategori yang dianugerahkan, mulai dari kategori ‘BUMN Keuangan Listed’ hingga ‘Pengelolaan Dana Pensiun’. Susunan dewan juri pun beragam yang melibatkan pihak professional dari lembaga-lembaga seperti Ikatan Akuntan Indonesia (IAI), Komite Kebijakan Nasional Governance (KNKG), serta Kementerian BUMN.

Perhelatan ARA pun bertujuan untuk meningkatkan kualitas informasi dan governance melalui Annual Report atau buku laporan tahunan sebuah perusahaan. [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.