Dark/Light Mode

Jabar Sabet Juara 1 di Babak Kualifikasi PON XX 2020

Minggu, 29 September 2019 20:25 WIB
Ketua Umum Pengurus Besar Taekwondo Indonesia (PBTI), Letjen (TNI) Purn. Thamrin Marzuki (tengah) saat berfoto bersama dengan para juara cabang olah raga Taekwondo di Banten, Minggu (29/9). (Foto: Istimewa).
Ketua Umum Pengurus Besar Taekwondo Indonesia (PBTI), Letjen (TNI) Purn. Thamrin Marzuki (tengah) saat berfoto bersama dengan para juara cabang olah raga Taekwondo di Banten, Minggu (29/9). (Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Gelaran kejuaraan Babak Kualifikasi PON XX 2020 Papua yang berlangsung di Stadiun Sport Center Kab Tangerang, Banten 27–29 September 2019 sudah berakhir.

Dari total keseluruhan medali, Provinsi Jawa Barat menjadi juara umum dengan memperoleh 19 emas, 6 perak.

Sementara peringkat kedua diraih provinsi Jawa Tengah dengan merebut 13 emas, 1 perak dan 3 perunggu

Untuk peringkat ketiga diraih provinsi Kalimantan Timur dengan raihan 10 emas, 9 perak dan 4 perunggu.

Peringkat ini juga secara kebetulan menggambarkan juara-juara umum di masing-masing grup. Seperti diketahui, Jabar menempati grup A, Jawa Tengah menempati grup B dan Kalimantan Timur menempati grup C.

Baca juga : Patra Jasa Sabet 2 Penghargaan di Ajang Revolusi Mental Award BUMN 2019

Selain peringkat medali. Secara keseluruhan, dengan melihat persebaran medali yang diraih oleh masing-masing provinsi yang berlaga di ajang ini, dapat dipastikan daerah yang lolos mengikuti PON XX 2020 yang berlangsung di Papua tahun depan.

Provinsi-provinsi yang lolos selain Jawa Barat, Jawa Tengah dan Kalimantan Timur adalah propinsi Aceh, Bali, Banten, DIY, DKI Jakarta Gorontalo, Jambi, Jawa Timur Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Timur, Papua, Riau, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sumatra Barat, Sumatra Selatan, Sumatra Utara, Sulawesi Selatan.dan Sulawesi Utara.

Adapun provinsi yang kurang berhasil mendapat tiket PON XX Papua 2020 adalah Provinsi Bengkulu, Lampung, Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Utara, Nusa Tenggara Barat, Papua Barat dan Kalimantan Utara.

Ketua Umum Pengurus Besar Taekwondo Indonesia (PBTI), Letjen (TNI) Purn. Thamrin Marzuki dalam sambutan penutupan Babak Kualifikasi PON XX Papua ini mengatakan bahwa, ternyata dari hasil babak kualifikasi ini, terjadi peningkatan prestasi atlet yang hampir merata di masing-masing pengprov. 

“Saya mencermati adanya daerah-daerah yang sebelumnya belum mendapatkan medali di Pra PON empat tahun lalu, di ajang ini daerah-daerah tersebut berhasil meraih mendali.

Baca juga : Timnas U-16 Indonesia Vs China, Kualifikasi Piala Asia Skor 0 - 0

Empat tahun lalu di PON XIX, hanya 16 daerah yang lolos, tahun ini ternyata lebih 20 pengprov berhasil meraih tiket PON XX.

Ini menandakan bahwa pemerataan prestasi yang sudah berlangsung beberapa tahun ini, terus terjadi sampai gelaran Pra PON XX. Ini artinya program yang sinergis antara PBTI dengan pengprov cukup berhasil.” Ujar Thamrin Marzuki.

Menurut Ketua Umum PBTI, dengan gambaran komposisi sebaran medali ini, dirinya opitimis bahwa cabor taekwondo akan berbicara maksimal di ajang Sea Games Filipina.

Terkait dengan optimism itu, Bapak Thamrin Marzuki, merencanakan sebuah program yakni, disamping atlet-atlet yang sudah dipastikan bergabung di pelatnas, dirinya akan mempersiapkan atlet lapis kedua atau cadangan.

Dalam kesempatan ini pula, Ketua Umum PBTI juga berpesan kepada pengurus provinsi untuk lebih maksimal lagi meningkatkan program pembinaan dan pengembangan prestasi atlet di daerah.

Baca juga : Raja Sapta Oktohari Kembali Pimpin PB ISSI 2019-2023

Tentunya program pembinaan tersebut haruslah bersinergi dengan program PBTI.

Mengakhiri sambutannya, Ketua Umum PBTI mengucapkan terima ksih kepada seluruh pihak yang membantu terlaksananya babak kualifikasi PON XX ini.

Khususnya kepada propinsi Banten yang menjadi tuan rumah gelaran empat tahun sekali ini, termasuk kepada panitia penyelenggara yang bertugas dari perencanaan hingga selesainya kejuaraan ini. [WUR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.