Dark/Light Mode

Nestle Diganjar Penghargaan Industri Hijau

Senin, 16 Desember 2019 23:26 WIB
Tiga perwakilan pabrik Nestle Indonesia menerima penghargaan yang diberikan Sekjen Kementerian Perindustrian Achmad Sigit Dwiwahjono (baju adat), Senin (16/12).
Tiga perwakilan pabrik Nestle Indonesia menerima penghargaan yang diberikan Sekjen Kementerian Perindustrian Achmad Sigit Dwiwahjono (baju adat), Senin (16/12).

RM.id  Rakyat Merdeka - Nestle Indonesia kembali diganjar penghargaan Industri Hijau 2019 dari Kementerian Perindustrian. Penghargaan diberikan atas upaya Nestle menjaga keberlanjutan di operasi pabrik dan melakukan pemanfaatan sumber daya secara efektif dan efisien. 

Penghargaan Industri Hijau Level 5 diberikan untuk tiga pabrik Nestle di Kejayan, Karawang, dan Panjang mendapat. Level 5, merupakan level tertinggi Industri Hijau. Ketiga pabrik Nestle terbukti juga mampu menerapkan prinsip-prinsip ramah lingkungan dalam proses produksinya serta menciptakan manfaat bagi masyarakat sekitarnya. 

Baca juga : 15 Pabrik Danone-AQUA Sabet Penghargaan Industri Hijau

“Sampai dengan akhir 2018, melalui ketiga pabrik ini, Nestle Indonesia mampu melakukan penghematan energi sebesar 46% dan air sebesar 28% dibandingkan 2010, di samping berbagai upaya penghematan lainya. Adanya penghematan pemakaian energi dan air ini turut mendukung upaya pemerintah Indonesia menurunkan emisi gas rumah kaca sebesar 32 persen,” ujar Direktur Corporate Affairs Nestlé Indonesia Debora Tjandrakusuma. 

Sejak 2010, penghargaan Industri Hijau yang diselenggarakan Kementerian Perindustrian merupakan bentuk apresiasi serta motivasi pemerintah kepada manufaktur dalam negeri untuk menerapkan prinsip-prinsip industri hijau dalam proses produksinya. 
Penghargaan ini diberikan kepada perusahaan-perusahaan yang terbagi dalam tiga kategori, yaitu Industri Besar, Industri Menengah, dan Industri Kecil. 

Baca juga : Kemenperin Ajak Sektor Manufaktur Terapkan Industri Hijau

Pada perhelatan kali ini, Sekjen Kementerian Perindustrian Achmad Sigit Dwiwahjono menganugerahi Nestlé Indonesia dengan Penghargaan Industri Hijau untuk yang keenam kalinya. Di 2017, Pabrik Kejayan juga dianugerahi sertifikat Industri Hijau sebagai pabrik pengolahan susu bubuk pertama di Indonesia yang memenuhi persyaratan standar industri hijau. 
Tidak berhenti di situ, di akhir 2018, Pabrik Kejayan berhasil menelurkan inovasi baru di bidang penghematan energi. Dengan teknologi centrifugal compressor, Pabrik Kejayan berhasil meningkatkan produktivitas dengan penggunaan bahan bakar dengan jumlah yang sama. 

“Pada 2050, Nestlé di seluruh dunia berambisi mencapai 0 emisi gas rumah kaca. Untuk itu, Nestlé Indonesia berkomitmen mempercepat upaya-upaya yang mendukung penurunan emisi gas rumah kaca dengan berbagai inovasi ramah lingkungan di sepanjang mata rantai perusahaan dan meninjau perkembangannya setiap tahun untuk memastikan kemajuan yang dicapai berjalan sesuai rencana,” tutup Direktur Corporate Affairs Nestlé Indonesia Debora Tjandrakusuma. [KRS]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.