Dark/Light Mode

3 UPT Ditjen PKH Sabet Penghargaan Zona Integritas Bebas Korupsi

Selasa, 10 Desember 2019 18:25 WIB
Nasrullah (berbatik). (Foto: Humas Kementan)
Nasrullah (berbatik). (Foto: Humas Kementan)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tiga Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kementerian Pertanian (Kementan) di bawah Ditjen Peternakan Kesehatan Hewan (PKH) yakni Balai Embrio Ternak (BET) Cipelang, Balai Inseminasi Buatan (BIB) Lembang, dan Balai Besar Perbibitan Ternak dan Hijauan Pakan Ternak (BBPTHPT Baturraden) mendapatkan penghargaan Zona Integritas (ZI) Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Menurut Sekretaris Ditjen PKH, Nasrullah, pembangunan zona integritas merupakan miniatur dari implementasi reformasi birokrasi yang ditujukan untuk mewujudkan pemerintahan yang efektif, efisien, bersih dan akuntabel, serta berorientasi pada pelayanan publik yang baik. “Kita semua di Ditjen PKH akan terus memperkuat komitmen, profesionalitas, integritas, dan bebas dari korupsi” kata Nasrullah saat menghadiri Apresiasi Penganugerahan Zona Integritas, di Hotel Bidakara, Jakarta, Senin (10/12). 

Baca juga : Keren, Contact Center BI Kembali Raih Penghargaan Internasional

Nasrullah menyampaikan, percepatan pembangunan zona integritas juga dilakukan terhadap unit kerja yang sudah mendapatkan predikat WBK/WBBM (Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani) untuk dijadikan role model bagi UPT lain. Sehingga harapannya ke depan akan semakin banyak unit kerja berpredikat WBK/WBBM yang mampu menumbuhkembangkan budaya kerja birokrasi yang bermuara pada terciptanya tata kelola pemerintahan yang baik, bersih, dan akuntabel.

Kegiatan ini terselenggara Kemenpan RB bertepatan dengan peringatan Hari Antikorupsi. Acara dibuka Wapres Ma’ruf Amin dan penghargaan diserahkan langsung Menteri PAN-RB, Tjahjo Kumolo. Kementerian PAN-RB memberikan penghargaan kepada 506 unit kerja dari 63 instansi Pemerintah yang berhasil membangun Zona Integritas, diantaranya 5 unit kerja Kementan mendapatkan predikat WBK.

Baca juga : PGN Sabet Penghargaan LHKPN Terbaik dari KPK

Simbol Komitmen 

Nasrullah menjelaskan, zona integritas dibangun sebagai simbol komitmen pelaksanaan reformasi biroraksi dengan 6 tahapan dalam pembangunan Zona Integritas yang meliputi manajemen perubahan, penguatan tatalaksana, penguatan manajemen SDM, penguatan akuntabilitas kinerja, penguatan pengawasan dan peningkatan kualitas pelayanan publik. Tahapan ini kemudian dilakukan penilaian Tim Internal yakni Inspektorat Jenderal Kementan lalu dilakukan evaluasi oleh Tim Penilai Nasional hingga akhirnya penetapan predikat unit kerja pelayanan WBK/WBBM. 

Baca juga : Pelindo IV Sabet Penghargaan Operator Pelabuhan Terpercaya

“Pencapaian predikat WBK/WBBM harus ditingkatkan dimulai dari diri kita sendiri, kalau bukan dari kita, siapa lagi, kalau bukan dari sekarang, kapan lagi dan penghargaan ini harus mampu berkelanjutan sebagaimana program reformasi birokrasi yang telah di tetapkan Grand Design Reformasi Birokrasi Nasional 2010-2025,” pungkasnya. [KAL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.