Dark/Light Mode

Pasokan BBM di SPBU Tol Dijamin Aman

Pertamina Manfaatkan Momen Nataru Untuk Melayani, Berbagi, dan Mengedukasi Masyarakat

Rabu, 25 Desember 2019 20:19 WIB
Dalam momentum Natal 2019 dan Tahun Baru 2020,  Komisaris PT Pertamina Persero Condro Kirono, Direktur Pemasaran Ritel Mas`ud Khamid  memberikan pengisian gratis BBM melalui Aplikasi Link Aja kepada salah satu pengunjung di SPBU KM 519 A , Sragen, Jawa Timur, Rabu (25/12). (Foto: Humas Pertamina)
Dalam momentum Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, Komisaris PT Pertamina Persero Condro Kirono, Direktur Pemasaran Ritel Mas`ud Khamid memberikan pengisian gratis BBM melalui Aplikasi Link Aja kepada salah satu pengunjung di SPBU KM 519 A , Sragen, Jawa Timur, Rabu (25/12). (Foto: Humas Pertamina)

RM.id  Rakyat Merdeka - Di Hari Raya Natal 2019 dan jelang Tahun Baru 2020, Pertamina terus bergerak menjalankan perannya untuk menyediakan energi bagi masyarakat.

Pada setiap momentum tahunan ini, Pertamina memastikan seluruh unit operasi senantiasa siap melayani, berbagi, dan mengedukasi masyarakat. Baik yang sedang merayakan Natal, maupun yang menikmati liburan bersama keluarga.

Direktur Pemasaran Ritel Pertamina Mas'ud Khamid menjelaskan, setiap tahun, Pertamina selalu mengaktifkan Satgas menjelang hari besar keagamaan yang memiliki waktu libur panjang. Semisal Ramadan, Idul Fitri, Natal, dan Tahun Baru.

"Biasanya, kami menggulirkan tiga program besar, yaitu Pertamina Melayani, Pertamina Mengedukasi, dan Pertamina Berbagi. Kali ini, kami juga melakukan hal yang sama," ujar Mas'ud Khamid di sela-sela kunjungannya selama dua hari, memantau penyediaan BBM di SPBU sepanjang tol Trans Jawa.

 

Komisaris PT Pertamina Persero Condro Kirono, dan Direktur Pemasaran Ritel Mas'ud Khamid melakukan foto bersama dengan AMT di Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM), Madiun, Jawa Timur, Rabu, (25/12). (Foto: Humas Pertamina)

Baca juga : Pelototi Kinerja Pertamina, Ahok Minta Dukungan Informasi Dari Masyarakat

Untuk melayani kebutuhan energi, lanjut Mas’ud, Pertamina telah memastikan pasokan BBM dan LPG aman dan mencukupi di setiap wilayah.

Saat mengunjungi SPBU 51.632.22 Rest Area KM575A - Ngawi, Mas'ud langsung mengecek kondisi pendistribusian BBM. Data dari pengelola SPBU menunjukkan, terjadi lonjakan konsumsi dari kondisi normal sekitar 11.3 Kiloliter (KL) per hari menjadi 44 KL, dengan persentase kenaikan tertinggi pada produk BBM unggulan seperti Pertamax Turbo yang naik 230 persen, Pertamax (500 persen), Pertamina Dex (700 persen), dan Dexlite (300 persen), Pertalite (430 persen), dan Biosolar (150 persen).

“Secara nasional, volume BBM yang disediakan pun meningkat. Untuk gasoline sekitar 3,5-4 persen dari pasokan normal, gasoil 7 persem, sedangkan di jalan tol yang menjadi jalur utama mudik dinaikkan mencapai 16-25 persen,” jelas Mas'ud.

Pada kunjungan di SPBU Trans Jawa tersebut, Mas'ud jug emastikan, layanan tambahan tersedia pada setiap titik rest area di ruas tol Trans Jawa. Layanan tersebut meliputi SPBU Kantong di 123 titik, 200 Pertamina Delivery Service di 19 titik dan Kiosk Pertamax di 4 titik.

Layanan ini di luar fasilitas Pertamina pada jalur utama mudik. Yakni jalur Pantura (Pantai Utara) Arteri sebanyak 219 SPBU, Jalur Pansela (Pantai Selatan) 77 SPBU, Jalur Tol Jawa 72 SPBU, Jalur Tol Sumatera 14 SPBU, dan Jalur Tol Kalimantan 1 SPBU.

Baca juga : Hidroponik dan Bank Sampah Pertamina, Tingkatkan Kesejahteraan Kaum Ibu di Makassar

"Selain menyiagakan energi di kota-kota jalur mudik, Pertamina juga menyiapkan kantong-kantong BBM di sekitar tujuan wisata dan berbagai spot yang menjadi tujuan Malam Tahun Baru," kata Mas'ud.

Untuk melengkapi layanan dengan ketersediaan pasokan yang cukup, Pertamina juga mengedukasi masyarakat dengan memaksimalkan implementasi cashless payment alias pembayaran nontunai untuk melakukan transaksi di SPBU.

“Untuk mengedukasi, tahun ini kami dorong agar masyarakat menggunakan sistem pembayaran cashless. Karena itu, setiap SPBU di jalur mudik, kami siapkan sarana untuk pembayaran nontunai. Selain mudah, ini juga demi keamanan konsumen selama perjalanan liburan," tandas Mas'ud.

Menurut Komisaris Pertamina Condro Kirono yang ikut memantau penyaluran BBM di jalur tol Trans Jawa, pada momentum Natal 2019 ini, Pertamina juga berbagi kebahagian kepada masyarakat.

Melalui Marketing Operating Region V wilayah Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara, Pertamina memberikan bantuan berupa paket tas dan alat tulis untuk Panti Asuhan Rumah Kasih Debora dan Panti Asuhan Bhakti Luhur.

Baca juga : Pulihkan Korban Trauma, Pertamina Bangun Sekolah Anak Percaya Diri di Makassar

Selain itu, juga memberikan dana santunan untuk Panti Jompo Wisma Asih dan Panti Asuhan. Bantuan juga diberikan kepada rumah ibadah berupa Sembako dan inventaris untuk Gereja Immanuel, serta bantuan untuk enam gereja di Nusa Tenggara Timur (NTT) dengan total Rp 1,2 M.

“Ini bentuk kepedulian perusahaan pada masyarakat, yang sedang merayakan Natal dan Tahun Baru. Kami berharap, bantuan ini dapat meningkatkan kualitas beragama penerima manfaat,” ucap Condro Kirono.

Bila membutuhkan informasi tentang lokasi SPBU atau ada kendala di perjalanan, masyarakat bisa menghubungi Pertamina Call Center 135 atau dapat men-download aplikasi MyPertamina di gadget masing-masing. 

Saat ini, masyarakat dapat bertransaksi di SPBU sekalipun tanpa membawa uang cash, dengan beragam promo menarik menggunakan Link Aja yang sudah terhubung dengan aplikasi My Pertamina. [HES]

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.