Dark/Light Mode

Tinjau Layanan Kesehatan Penumpang KA

Malam-malam, Dirut KAI Edi Sukmoro ke Stasiun Pasar Senen

Jumat, 3 Januari 2020 06:00 WIB
Dirut KAI Edi Sukmoro (kanan), berbincang dengan calon penumpang KA di Posko Kesehatan Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Kamis (2/1). (Foto: Humas KAI)
Dirut KAI Edi Sukmoro (kanan), berbincang dengan calon penumpang KA di Posko Kesehatan Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Kamis (2/1). (Foto: Humas KAI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero)/KAI Edi Sukmoro meninjau Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat sekitar pukul 22.15 WIB, untuk memastikan layanan kesehatan kepada penumpang yang menunggu keberangkatan KA.

Pemberian layanan kesehatan gratis yang disediakan di Stasiun Pasar Senen maupun di Stasiun Gambir meliputi pemeriksaan tekanan darah, pemeriksaan gula darah, pemeriksaan kolesterol, pemeriksaan asam urat, pengukuran berat badan, dan konsultasi medis.

"Tidak hanya layanan saat perjalanan di atas KA, kami juga memberikan layanan kesehatan gratis di stasiun. Perjalanan panjang membutuhkan kondisi tubuh yang prima. Bila ada keluhan, calon penumpang bisa langsung menuju pos kesehatan di stasiun, " jelas Edi Sukmoro.

Sampai Kamis (2/1), pos kesehatan di Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen telah melayani sebanyak 372 penumpang.

Baca juga : Indonesia Sampaikan Keberhasilan Penurunan Deforestasi di Pertemuan PBB

Salah satu penumpang KA Tawang Jaya, John Saragih yang berobat gratis di Pos Kesehatan Stasiun Pasar Senen, menyampaikan terima kasih atas layanan kesehatan dari pihak stasiun.

Menurutnya, layanan ini sangat membantu calon penumpang yang mempunyai keluhan terkait kesehatan sebelum naik KA.

“Ini sangat baik sekali ya. Tadi dicek tensi dan dikasih obat. Ini sangat membantu saya, dan penumpang lainnya,” ungkap John.

Selain Pos Kesehatan yang tersedia di setiap stasiun, KAI juga memiliki Klinik Mediska yang lokasinya dekat dengan stasiun. Klinik Mediska telah bekerja sama dengan fasilitas kesehatan, baik milik pemerintah maupun swasta, di sepanjang jalur KA. Demi melayani penumpang yang sakit, atau dalam kondisi kegawatdaruratan, kemudian harus dirujuk ke rumah sakit.

Baca juga : Penumpang MRT Bisa Periksa Gigi Gratis di Stasiun

Di Daop 1 Jakarta, Klinik Mediska terdapat di Manggarai, Bogor, Cikampek dan Bekasi.

Sampai hari ke-16 Angkutan Nataru 2019/2020, PT KAI Daop 1 telah memberangkatkan sekitar 1.150.054 penumpang KA Jarak Jauh dan KA Lokal.

Dari jumlah tersebut, 696.828 penumpang merupakan penggguna KA Jarak Jauh untuk keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen, Gambir, Jakarta Kota serta Stasiun lainnya, yang melayani naik penumpang KA Jarak Jauh. Seperti Bekasi, Karawang, dan Cikampek.

Selama masa angkutan Nataru 2019/2020, PT KAI Daop 1 Jakarta telah menyiapkan sebanyak 847.586 ketersediaan Tempat Duduk (TD) untuk perjalanan Kereta Api (KA) jarak jauh.

Baca juga : Inggris Mati Listrik, Layanan Kereta Lumpuh, Penumpang Ngemper di Stasiun

Hingga kini, dari total ketersediaan TD, 707.694 atau sekitar 83 persen TD telah terjual.

Informasi perjalanan kereta, dapat diakses melalui KAI Access - website resmi KAI: kai.id - Contact Center 121: (021)121 - Layanan pelanggan: [email protected] - Sosial media: @keretaapikita (Twitter dan IG), Kereta Api Kita (Facebook) @KAI121 (Twitter), KAI121_(IG), KAI121 (Facebook). [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.