Dark/Light Mode

Aman, Bandara Halim Perdanakusuma Kembali Beroperasi Normal

Kamis, 2 Januari 2020 15:23 WIB
Foto: Humas AP II
Foto: Humas AP II

RM.id  Rakyat Merdeka - Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur kini sudah kembali beroperasi normal untuk melayani penerbangan sipil, pasca banjir yang menggenangi wilayah tersebut, Kamis (2/1).

Untuk memastikan kesiapan operasional bandara tersebut, PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II telah melakukan pengecekan dan memastikan seluruh fasilitas, peralatan, dan runway sudah memenuhi aspek keamanan dan keselamatan penerbangan.

Saat ini, sudah tidak terdapat genangan air di runway, dan dapat digunakan penuh dengan dimensi 3.000 x 45 meter.

Baca juga : Masih Nol Rupiah, KA Bandara Solo Resmi Beroperasi

Struktur kekerasan dan kekesatan runway juga masih memenuhi standar. Tak ada kerusakan akibat genangan air. Selain itu, lampu runway dan taxiway juga tidak rusak, sehingga dapat digunakan dengan baik.

AP II juga telah melakukan pengecekan dan pembersihan serpihan benda asing (foreign object debris/FOD), akibat material terbawa air.

Sekadar latar, pada Rabu (1/1), Bandara Halim Perdanakusuma sempat ditutup demi keamanan dan keselamatan penerbangan, karena terdapat genangan air di runway.

Baca juga : Duet Bareng Ditjen Hubdat, Jasa Raharja Kembali Gelar Mudik Gratis Nataru

Selama Halim Perdanakusuma ditutup, seluruh penerbangan dialihkan ke Bandara Soekarno-Hatta.

Selaku pengelola dua bandara tersebut, PT Angkasa Pura II mengimplementasikan konsep pengelolaan bandara Multi-airports System, sehingga Halim Perdanakusuma dan Soekarno-Hatta dapat saling mendukung. Dengan begitu, pengalihan penerbangan dapat berjalan lancar.

"Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang timbul, selama penerbangan di Halim Perdanakusuma dipindahkan ke Soekarno-Hatta. Pengalihan penerbangan berjalan lancar, dan pada hari ini Halim Perdanakusuma sudah kembali beroperasi normal," ujar President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin dalam keterangan resminya, Kamis (2/1).

Baca juga : Polri Bantu Palestina Lewat Kerja Sama Kepolisian

Untuk diketahui, maskapai berjadwal yang beroperasi di Halim Perdanakusuma adalah Wings Air, Batik Air dan Citilink untuk sejumlah rute penerbangan.

AP II mengimbau kepada seluruh penumpang pesawat, agar memperhatikan informasi yang diberikan maskapai, terkait penerbangan di Halim Perdanakusuma. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.