Dark/Light Mode

Kampanye Ramah Lingkungan, Blibli Kurangi Plastik

Minggu, 8 Maret 2020 19:43 WIB
Pelanggan Blibli saat menerima pesanan dari merchant yang diantar oleh petugas kurir, terkait kampanye #BlibliCintaBumi #AksiCintaBumi. (Foto: Humas Blibli)
Pelanggan Blibli saat menerima pesanan dari merchant yang diantar oleh petugas kurir, terkait kampanye #BlibliCintaBumi #AksiCintaBumi. (Foto: Humas Blibli)

RM.id  Rakyat Merdeka - Layanan superstore Blibli online melakukan inisiatif ramah lingkungan, khususnya untuk pengurangan penggunaan plastik dalam operasional bisnisnya baik kepada para pelaku usaha yang juga menjadi di Blibli, melalui kampanye #BlibliCintaBumi #AksiCintaBumi.

Program ini ditujukan untuk mengedukasi karyawan, pelaku usaha dan mengajak pelanggan Blibli mulai menjalankan gaya hidup peduli lingkungan untuk kelangsungan hidup alam Indonesia yang sehat dan bersih.

"Mengajak karyawan dan pelanggannya untuk mengelola sampah plastik dan mengembalikan kardus bekas yang mereka miliki, baik dari hasil berbelanja di Blibli ataupun dari tempat lain," Executive Vice President (EVP) of Operations Blibli Lisa Widodo di Jakarta, Minggu (8/3).

Sampah plastik dan kardus bekas ini dapat diberikan ke Blibli melalui kurir BES pada saat mereka mengantar barang pesanan kepada pelanggan atau melalui #BlibliCintaBumi Collection Boxes yang tersebar di berbagai titik lokasi Jabodetabek.

Baca juga : Pengamat: Langkah Jaksa Agung Sangat Berani dan Cepat

Lisa menyatakan, inisiatif ini menjadi salah satu upaya Blibli dalam mendukung pemerintah Indonesia mewujudkan Indonesia bebas polusi plastik pada tahun 2050. Berdasarkan data yang diperoleh dari Asosiasi Industri Plastik Indonesia (INAPLAS) dan Badan Pusat Statistik (BPS) 2019, sampah plastik di Indonesia mencapai 64 juta ton per tahun di mana sebanyak 3,2 juta ton merupakan sampah plastik yang dibuang ke laut. 

"Hal ini membuat Indonesia sebagai negara dengan polusi plastik terbesar di dunia," katanya.

Saat ini, kesadaran masyarakat Indonesia, termasuk pelaku industri dalam menggurangi dan mengelola sampah plastik, membuang sampah pada tempatnya, serta melakukan daur ulang juga masih rendah dikarenakan minimnya edukasi, fasilitas dan infrastruktur. Hal ini dapat berdampak berkepanjangan bagi kelestarian lingkungan generasi masa depan.

"Kami bangga menjadi e-commerce pertama yang aktif mengambil bagian dalam pelestarian lingkungan hidup khususnya untuk pengurangan plastik di dalam model bisnis kami," imbuhnya. 

Baca juga : PLTGU Jawa 2 Kapasitas 800 MW, Siap Diresmikan Presiden

Ia mengatakan, komitmen Blibli tidak hanya sebatas dalam mendukung kemajuan industri e-commerce dan pertumbuhan ekonomi. Blibli juga ingin menjaga kelestarian lingkungan hidup dengan mengajak masyarakat dan mendorong ekosistem untuk mengurangi sampah plastik dan mendaur ulang kardus bekas, sehingga tidak langsung menjadi sampah, tetapi diubah fungsi menjadi wrapping paper untuk membungkus barang pesanan yang akan dikirimkan ke pelanggan.

Program #BlibliCintaBumi #AksiCintaBumi ini merupakan komitmen jangka panjang Blibli terhadap kepedulian lingkungan berkelanjutan yang terbagi dalam dua pilar utama, termasuk program 5 S dalam organisasi internal yaitu safe energy, meningkatkan kesadaran diri karyawan dalam hemat penggunaan listrik dan air, self-service, say no to plastic cup, safe the earth, serve indoor & outdoor plant.

"Sebagai tahap awal, Blibli menyediakan enam kotak pengumpulan kardus bekas di Gedung Sarana Jaya (Jakarta Pusat, KS Tubun) Jakarta Barat, Cawang (Jakarta Timur), WTC Mangga Dua (Jakarta Utara) dan Serpong," katanya.

Lebih jauh, Blibli akan terus memperluas jumlah #BlibliCintaBumi Collection Boxes dan cakupan titik lokasinya ke berbagai wilayah di Indonesia. Beragam sampah plastik dan kardus bekas yang telah dikumpulkan, akan dipilih oleh Blibli untuk selanjutnya didaur ulang menjadi filler material yang dapat dijadikan sebagai bahan pengganti plastik bubble wrap di dalam kemasan Blibli.

Baca juga : Danone-AQUA dan Grab Sinergi Kurangi Sampah Botol Plastik

Selain itu, untuk semakin meningkatkan antusiasme dan partisipasi masyarakat dalam program #BlibliCintaBumi #AksiCintaBumi, Blibli memberikan tote bag ramah lingkungan bagi 1.000 orang pertama yang berkontribusi dalam pengembalian kardus bekas melalui kurir BES yang datang saat mengantar barang pesanan di wilayah Jabodetabek. 

Setiap tote bag dapat digunakan oleh para pelanggan untuk menampung sampah plastik dan kardus bekas belanja yang nantinya dikembalikan ke kurir BES agar dapat didaur ulang. Inisiatif ini sudah dimulai sejak 21 Februari 2020, bertepatan dengan Hari Peduli Sampah Nasional dan akan terus berlanjut sepanjang 2020. Hingga saat ini sudah terdapat ratusan pelanggan yang telah mengembalikan kardus bekas ke BES.

Blibli memastikan kenyamanan berbelanja, ketersediaan varian produk, dan kelestarian lingkungan hidup, serta ekosistem pekerjaan yang berkelanjutan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan sesuai dengan komitmen Blibli pada Customer Satisfaction First. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.