Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

KAI Rail Express Siap Angkut Kebutuhan Pangan Selama PSBB Covid-19

Senin, 27 April 2020 09:57 WIB
KAI Rail Express siap amankan pangan selama PSBB
KAI Rail Express siap amankan pangan selama PSBB

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Kereta Api Indonesia (Persero) siap mengangkut kebutuhan logistik yang sangat dibutuhkan dalam rangka penanganan Covid-19, termasuk kebutuhan pangan yang semakin meningkat di bulan puasa Ramadhan selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di beberapa wilayah dan kota-kota besar di Indonesia. 

KAI siap mendistribusikan barang retail, termasuk kebutuhan Covid-19, dan pangan seperti beras, buah-buahan, sayur-sayuran, dan lainnya dengan aman, tepat waktu, dan efisien,” kata Direktur Utama KAI, Edi Sukmoro dalam keterangan tertulisnya, Senin (27/04).

KAI memiliki layanan Rail Express, yang merupakan layanan angkutan barang Station to Station dengan harga terjangkau yang tersedia di 60 stasiun di Pulau Jawa. 

Rail Express menggunakan kereta bagasi yang dijalankan khusus sebagai KA Parcel One Night Service (ONS) maupun dirangkaikan pada KA Barang Hantaran Potongan (BHP). KA Parcel ONS adalah angkutan barang satu set rangkaian kereta api dengan kapasitas sampai dengan 215 ton dalam tiap perjalanan. 

Sementara  KA  BHP adalah angkutan barang yang dirangkaikan dengan KA penumpang dengan kapasitas muatan sampai dengan 20 ton dalam tiap perjalanan.

Baca juga : Kimbo Reddi Bagi-bagi Sosis untuk Warga Terdampak Covid-19  

Rail Express juga melayani pengiriman barang yang dilakukan oleh perorangan, seperti dokumen, sepeda, sepeda motor, bahan makanan, produk industri, produk UMKM, dan sebagainya. 

“Jadi layanan Rail Express ini juga melayani kiriman barang-barang dari perorangan dengan harga terjangkau bagi masyarakat. Selain itu, pendistribusian juga lebih tepat waktu, karena sesuai dengan jadwal keberangkatan/kedatangan kereta,” ujar Edi.

Tarif angkutan yang dikenakan per kilogram ditetapkan berdasarkan relasi stasiun, atau stasiun asal dan stasiun tujuan, dengan skema tarif yakni bea angkutan = berat (Kg) x tarif/Kg” dan berat minimum angkutan retail adalah 5 Kg. 

KAI juga memberikan diskon dengan ketentuan sebagai berikut, di antaranya, muatan ≥ 2 ton ≤ 5ton akan diberikan diskon sebesar 5%, Muatan > 5 ton ≤ 10 ton akan diberikan diskon sebesar 8%, dan Muatan > 10 ton akan diberikan diskon sebesar 10%. 

Pemberian diskon akan diberikan dalam bentuk voucher dan hanya dapat digunakan pada transaksi hari berikutnya.

Baca juga : Waspadai Malaria di Tengah Pandemi Covid-19

Dikatakan Edi, layanan Rail Express mengutamakan keamanan dan kenyamanan. Adapun syarat dan ketentuan bagi pengguna jasa pengiriman. 

Pertama, Pengirim harus menyatakan isi kiriman dengan sebenarnya. Kedua, KAI berhak melakukan pemeriksaan terhadap kiriman yang dicurigai. 

Ketiga, Barang  yang dilarang untuk dikirim adalah Surat atau dokumen berharga bernilai uang, Uang tunai, surat berharga, perhiasan, dan sejenis lainnya. Lalu, barang berbahaya dan mudah meledak, beracun, dapat menimbulkan percikan api dan dapat merusak barang lainnya, Barang yang mengandung psikotropika dan narkotika.

Keempat, KAI dapat menentukan sarana angkutan tercepat untuk mengirim barang/dokumen ke tempat tujuan yang tidak selalu sama dengan informasi sebelumnya, terutama dalam keadaan terpaksa atau terdapat gangguan transportasi yang dapat mengganggu pengiriman ketempat tujuan.

Untuk barang, dokumen berharga berisiko tinggi dan mudah pecah atau rusak agar dapat diasuransikan oleh pengirim sesuai nilai sebenarnya. 

Baca juga : Kiat Rencanakan Keuangan Ketika Puasa di Tengah Covid-19

“KAI tidak menangani pengepakan. Jadi setiap pengirim bertanggung jawab atas pengepakan setiap barang yang akan dikirimkan sesuai dengan standar packaging yang berlaku. Selama masa pandemi Covid-19 ini, Rail Express tidak melayani pengiriman hewan,” jelas Edi.

Selama masa pandemi ini, kata Edi, petugas Rail Express KAI juga menerapkan protokol pencegahan penyebaran Covid 19 yang telah ditetapkan pemerintah. 

Hal tersebut diterapkan secara merata kepada seluruh personil, barang yang diangkut, serta sarana yang digunakan, baik di terminal angkutan barang maupun selama perjalanan, sehingga para pengguna jasa Express tidak perlu khawatir dalam proses pengiriman dan penerimaan barang.
 
Masyarakat yang ingin mengetahui informasi lebih lanjut tentang syarat dan ketentuan angkutan barang dengan layanan Rail Express, dapat menghubungi contact center KAI melalui telepon di 121 atau 021-121, email ke [email protected] atau melalui akun media sosial Facebook dan Twitter di @kai121 dan Instagram @kai121_

 “KAI akan memaksimalkan lini angkutan barang terutama di masa-masa sulit pandemi ini. Pendistribusian logistik akan dipercepat di berbagai daerah, termasuk logistik yang sangat dibutuhkan dalam rangka penanganan Covid-19 dan membantu memberikan alternatif kepada masyarakat untuk mengirimkan barang kepada keluarganya yang tidak mudik,” pungkas Edi. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.