Dark/Light Mode

Apresiasi Sektor IKM, Kemenperin Tebar Penghargaan Upakarti Dan IGDS

Kamis, 10 Desember 2020 18:27 WIB
Wapres KH Maruf Amin bersama Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita memberikan Penghargaan Upakarti dan IGDS. (Foto: ist)
Wapres KH Maruf Amin bersama Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita memberikan Penghargaan Upakarti dan IGDS. (Foto: ist)

 Sebelumnya 
Penghargaan IGDS

Sementara itu, penyelenggaraan IGDS telah dimulai sejak 2001 dengan tujuan mendorong partisipasi desainer dan perusahaan industri mengembangkan dan meningkatkan kualitas desain produk industri. Selain itu dalam mengembangkan produk terbaik melalui peningkatan kualitas desain kebaruan dan inovasi, serta berkarakter Indonesia.

Baca juga : BI-Kemenkeu Teken Kerja Sama Pengembangan Aplikasi CBS

Menperin menjelaskan, Penghargaan IGDS 2020 mencakup dua kategori. Kategori Design Product diberikan atas desain produk industri berkualitas baik yang telah dan masih diproduksi/dipasarkan. Dan, kategori Design Concept diberikan atas konsep desain produk industri berkualitas baik dalam bentuk purwarupa/prototipe dan/atau sampel produk.

Gati menambahkan, mekanisme pemberian Penghargaan IGDS 2020 dilakukan melalui delapan tahap, yaitu sosialisasi dan pendaftaran, seleksi administratif, penjurian tahap I, pengiriman produk, penjurian tahap II, penjurian tahap III dan People’s Choice, penetapan Penerima Penghargaan IGDS 2020 oleh Menteri Perindustrian, dan penganugerahan Penghargaan IGDS 2020 oleh Wakil Presiden

Baca juga : Fokus Biayai Sektor Produktif, LPDB Modali Koperasi Syariah Petani Salak Sleman Rp 1,1 M

Dari total 386 pendaftar pada IGDS tahun 2020 ini, telah ditetapkan penerima Penghargaan IGDS 2020. Penerima Penghargaan IGDS 2020 Design Product kategori Good Design sebanyak 19 produk, kategori Best 20 sebanyak 16 produk, kategori People’s Choice sebanyak 1 produk, kategori Best 3 sebanyak tiga produk, dan kategori Grand Award sebanyak satu produk. Sedangkan Penerima Penghargaan IGDS 2020 Design Concept kategori Best 3 sebanyak tiga produk, dan kategori Grand Award sebanyak satu produk.

”Jumlah pendaftar IGDS terus mengalami kenaikan dalam kurun waktu empat tahun terakhir. Ini menunjukkan antusiasme masyarakat yang begitu tinggi untuk berkarya dan mengikuti Penghargaan IGDS,” ungkap Gati. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.