Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dukung Transjakarta, Higer Luncurin Bus Listrik Berkapasitas Baterai Terbesar

Selasa, 29 Desember 2020 10:50 WIB
Bus listrik Higer PT Higer Maju Indonesia. (Foto: Ist)
Bus listrik Higer PT Higer Maju Indonesia. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Eksklusif distributor dan manufakturing produk Bus Higer di Indonesia, PT Higer Maju Indonesia memamerkan bus listrik andalannya di Jakarta. Dengan bus listrik ini, Higer siap mendukung Transjakarta dalam pengadaan kendaraan umum ramah lingkungan di ibu kota.

Direktur Utama PT Higer Maju Indonesia Antonius R. Ismanto mengklaim bus listrik Higer memiliki kapasitas baterai terbesar mencapai 385 kilo watt hours (kWh) yang menunjang daya jelajah hingga 300 kilometer dengan lama pengisian ulang baterai, hanya 3 sampai 4 jam.

"Bus listrik ini sangat efisien dengan kapasitas baterai yang sangat besar dan jauh di atas kompetitor lainnya. Dengan kapasitas besar ini, maka dapat mencapai jarak tempuh lebih jauh, dengan pengisian daya baterai yang lebih singkat," katanya dalam keterangannya, Selasa (29/12).

Baca juga : Putin Minta Militer Rusia Bersiap Balas Rudal NATO

Antonius memastikan, meskioun baterai yang dimilikinya besar, berat kosong bus hanya 13 ton atau sama dengan berat bus kompetitor lain yang kapasitas baterainya lebih kecil. Hal ini mendukung torsi bus listrik Higer lebih besar dari bus konvensional yang beredar di Indonesia, yakni menghasilkan tenaga 145 KW dengan torsi maksimal 3.300 Nm. Kapasitas bus listrik Higer mencapai 34 penumpang duduk.

Antonius menjelaskan, bus listrik ini telah mengikuti pengujian oleh Transjakarta selama dua pekan terakhir. Selain itu, bus ini juga sudah lulus uji type (SUT) dari Menteri Perindustrian. Ia menilai, bus listrik Higer sangat tepat untuk mendukung rencana pemerintah mempercepat pengembangan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) yang telah dituangkan melalui Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019.

"Penyediaan bus listrik ini di Indonesia sejalan dengan visi pemerintah untuk kendaraan ramah lingkungan. Kendaraan yang bebas polusi gas buang atau zero emission dan bebas polusi suara karena bus listrik Higer berjalan dengan senyap," jelasnya.

Baca juga : Transjakarta Bakal Tambah Bus Listrik Dan Kerek Layanan

Komisaris yang juga Founder PT Higer Maju Indonesia Untung W Ismanto menjelaskan, bus listrik Higer mempunyai spesifikasi teknis yang sangat baik. Misalnya, sumbu roda menggunakan axle merek ZF dari Jerman yang menyebabkan bus listrik Higer rendah perawatan, berjalan dengan senyap dengan tingkat kebisingan yang rendah.

"Kami menggunakan teknologi dari Jerman karena layanan purna jualnya sangat didukung oleh ZF Jerman. Kelancaran operasional dan perawatan kendaraan menjadi terjamin," tuturnya.

Direktur Teknik dan Fasilitas Transjakarta Yoga Adiwinarto mengatakan, bus-bus listrik yang akan digunakan nantinya harus melalui rangkaian ujicoba secara ketat dan bertahap. "Bus-bus yang nanti akan digunakan operator, secara teknis harus sudah diapprove," tegasnya.

Baca juga : Pemangkasan BPP Listrik Tenaga Gas Dilakukan Perdana Di Papua

Terkait bus listrik Higer, Yoga mengaku masih harus melihat dan melakukan ujicoba lebih jauh. Karena, untuk kewenangan spesifikasi Dinas Perhubungan atau Kementerian Perhubungan yang bisa menentukan. Sementara, untuk Transjakarta lebih kepada pelayananya.

Sekadar informasi, Higer merupakan perusahaan bus asal China yang sudah melakukan ekspor bus Higer ke lebih dari 100 negara di mancanegara seperti di Asia, Timur Tengah, Afrika, Rusia, Eropa Timur dan Amerika. Higer Maju Indonesia ditunjuk untuk memberikan layanan purnajual baik dari segi servis dan component part. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.