Dark/Light Mode

AP II Layani Test Antigen Gratis Ke 1.000 Orang Di Bandara Soetta

Jumat, 1 Januari 2021 14:05 WIB
PT Angkasa Pura II (Persero) menggelar rapid test antigen gratis di Bandara Soekarno Hatta.
PT Angkasa Pura II (Persero) menggelar rapid test antigen gratis di Bandara Soekarno Hatta.

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Angkasa Pura II (Persero) menggelar rapid test antigen gratis terhadap 1.000 orang di Bandara Soekarno-Hatta jelang malam pergantian tahun baru 2021.

Rapid test antigen gratis dilakukan dengan membagikan voucher kepada 100 orang pekerja bandara dan 900 orang calon penumpang pesawat yang memiliki tiket penerbangan kelas ekonomi, khusus keberangkatan pada, 31 Desember 2020.

Berita Terkait : Calon Penumpang Disarankan Rapid Test Antigen H-1 Keberangkatan

Pembagian voucher antigen gratis ini dilakukan di lokasi Airport Health Center Terminal 2 dan Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta.

Direktur Operasi dan Layanan PT Angkasa Pura (AP) II  Persero, Muhamad Wasid mengatakan, rapid test antigen gratis ini adalah sebagai wujud dukungan persero terhadap pelaksanaan tes Covid-19. “Kami berharap pelaksanaan kegiatan ini dapat mendukung upaya penanganan Covid-19,” ujar Muhamad dalam keterangan tertulisnya, Jumat (1/1).

Seperti diketahui, rapid test antigen menjadi salah satu syarat yang harus dipenuhi calon penumpang pesawat rute domestik untuk dapat melakukan penerbangan di periode Angkutan Natal dan Tahun Baru 2020/2021.

Berita Terkait : Trafik Penumpang Di Bandara Angkasa Pura I Tembus 123.519 Orang

Muhamad berharap, kegiatan ini bisa dilakukan di bandara-bandara AP II lainnya guna mendukung penanganan Covid-19. "Ada 19 bandara yang dikelola AP II, dan kami akan melihat kemungkinan apakah kegiatan ini dapat dilakukan di bandara-bandara lainnya," kata Muhamad.
 
Sementara itu, Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta, Agus Haryadi mengatakan, Bandara Soekarno-Hatta memiliki 7 titik Airport Health Center dengan layanan yang semakin mapan dan handal dalam mengakomodir kebutuhan rapid test antigen calon penumpang pesawat.
 
“Airport Health Center bekerja sama dengan Kimia Farma dan Indofarma sudah sangat handal dan mapan dalam mendukung calon penumpang pesawat memenuhi protokol kesehatan. Karena itu, kami dapat melakukan rapid test antigen gratis terhadap 1.000 orang tanpa mengganggu kebutuhan tes Covid-19 calon penumpang pesawat lainnya,” kata Agus.

Airport Health Center di Terminal 1 Bandara Soekarno-Hatta saat ini juga bisa digunakan oleh masyarakat umum untuk melakukan tes Covid-19, baik itu rapid test antigen atau PCR test. Dibukanya, Airport Health Center Terminal 1 untuk melayani umum ini diharapkan juga dapat mendukung semakin banyaknya pelaksanaan tes Covid-19 di wilayah sekitar Bandara Soekarno-Hatta. [FIK]