Dark/Light Mode

Duet Bareng BP2MI, AP II Berikan Layanan Istimewa Untuk Pekerja Migran Indonesia di Bandara Soekarno-Hatta

Sabtu, 19 Desember 2020 14:01 WIB
Duet Bareng BP2MI, AP II Berikan Layanan Istimewa Untuk Pekerja Migran Indonesia di Bandara Soekarno-Hatta

RM.id  Rakyat Merdeka - Bandara Internasional Soekarno-Hatta meresmikan sejumlah fasilitas bagi Pekerja Migran Internasional (PMI), bertepatan dengan Hari Pekerja Migran Internasional (International Migrant Day), Jumat (18/12).

Peresmian fasilitas-fasilitas tersebut secara simbolis dilakukan oleh Menteri BUMN Erick Thohir bersama Kepala BP2MI Benny Rhamdani di Bandara Internasional Soekarno Hatta.

Menteri BUMN menuturkan, fasilitas-fasilitas ini merupakan hasil kerja sama berbagai instansi untuk menghadirkan layanan terbaik bagi pahlawan devisa.

Baca juga : Angkasa Pura I Sediakan Layanan PCR Test Dan Rapid Test Antigen Di 7 Bandara

"Terbukti, hari ini negara hadir. Kita bisa memperlihatkan, bahwa bangsa kita naik kelas. Semua ini bisa dilakukan, selama kita berani bermimpi dan berani mengeksekusi," ujar Menteri BUMN.

Terkait hal ini, Kepala BP2MI Benny Ramdhani mengatakan, segala bentuk fasilitas VVIP di Bandara Soekarno Hatta adalah wujud apresiasi pemerintah terhadap para pekerja migran.

“Semua fasilitas VVIP di Bandara Soekarno Hatta ini diberikan untuk memberikan rasa hormat negara, kepada pejuang keluarga dan sekaligus pejuang devisa yang telah rela berkorban demi kesejahteraannya dan keluarga,” ujar Benny Ramdhani.

Baca juga : Kemendagri- Kemenlu Berkolaborasi Hadirkan Layanan Adminduk Di 130 Perwakilan RI di Luar Negeri

Fasilitas Istimewa

Bandara Internasional Soekarno-Hatta, yang merupakan titik gerbang terbesar di Indonesia untuk keberangkatan dan kedatangan PMI, PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II bersama BP2MI menyiapkan 5 fasilitas khusus bagi pahlawan devisa Indonesia.

Pertama, fasilitas jalur khusus (fast track special lane) kemigrasian untuk mendukung kelancaran kepulangan PMI. “Selama ini, special lane hanya tersedia bagi pemegang paspor diplomatik, kru pesawat, dan penumpang pesawat di kelas bisnis (business class) atau first class. Sejak kemarin, secara resmi Bandara Soekarno-Hatta membuka layanan special lane bagi PMI," ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero), Muhammad Awaluddin.

Baca juga : BP2MI Berangkatkan 116 Pekerja Migran Ke Negeri Sakura

"Ini merupakan bentuk penghormatan seluruh stakeholder Bandara Soekarno-Hatta terhadap PMI yang sangat berjasa bagi Indonesia,” imbuhnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.