Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Angkasa Pura l Bangun Galeri UMKM Di 13 Bandara

Rabu, 16 Desember 2020 21:16 WIB
Salah satu Galeri UMKM di bandara yang dikelola Angkasa Pura I. (Foto: Ist)
Salah satu Galeri UMKM di bandara yang dikelola Angkasa Pura I. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Angkasa Pura I (Persero) mendorong pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di masa pandemi Covid-19. Salah satu langkah yang dilakukan adalah menyediakan Galeri UMKM di hampir seluruh bandara yang dikelola Angkasa Pura I dengan total luasan mencapai 2.312 meter persegi dan berpotensi melibatkan 650 pelaku UMKM.

Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi mengatakan, UMKM bisa memanfaatkan galeri tersebut untuk mamasarkan produk ke penumpang pesawat. Faik menjelaskan, dalam menyediakan fasilitas Galeri UMKM ini, Angkasa Pura I bekerja sama dengan pemangku kepentingan lokal seperti pemerintah daerah, asosiasi, para pelaku seni, kelompok pegiat Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), dan lainnya. 

"Angkasa Pura I berkomitmen dan konsisten dalam meningkatkan sinergi dan kolaborasi dengan para pelaku UMKM untuk memberdayakan dan meningkatkan perekonomian masyarakat," katanya dalam konferensi pers secara virtual di Jakarta, Rabu (16/12).

Baca juga : Ini 5 Tempat Layanan Perpanjang SIM Di Jakarta

Menurut Faik, pengembangan UMKM di bandara merupakan strategi pengembangan pariwisata daerah yang diinisiasi Angkasa Pura I melalui pilar Local Involvement Growing People di antara pilar lainnya dalam konsep strategi HOSPITALITY.

"UMKM sebagai salah satu pemangku kepentingan dalam industri pariwisata perlu diberdayakan dan dilibatkan agar siap berkembang bersamaan dengan momen kebangkitan industri pariwisata pada masa adaptasi kebiasaan baru," ujarnya.

Saat ini, kata Faik, Angkasa Pura I telah menyiapkan 13 konsep Galeri UMKM di 13 bandara Angkasa Pura I. Sebagai contoh, Galeri UMKM Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali mengusung konsep Peken Tenten atau Summer in Bali, Galeri UMKM Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin mengusung konsep Pasar Terapung, Galeri UMKM Bandara El Tari Kupang mengusung konsep pasar Katemak, Galeri UMKM Bandara Juanda Surabaya mengusung konsep Pasar Suramadu, Galeri UMKM  Bandara Internasional Yogyakarta yang mengusung konsep Pasar Kota Gede, dan lainnya. 

Baca juga : Pengusaha Minta Larangan Truk Kelebihan Muatan Diundur 2025

Dari 13 Galeri UMKM di 13 bandara tersebut, 6 di antaranya sudah berdiri di 6 bandara, sementara 4 Galeri UMKM masih pada fase 1 yakni tahap penyiapan konsep dan penyeleksian potensi mitra dan 3 Galeri UMKM sisanya telah masuk pada fase 2 atau tahap perincian mekanisme kerja sama dengan mitra.

Adapun, 6 Galeri UMKM yang sudah berdiri di 6 bandara Angkasa Pura I yaitu di Bandara Internasional Yogyakarta di Kulon Progo, Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang, Bandara Adi Soemarmo Solo, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, dan Bandara Sentani Jayapura.

Sementara, 7 Galeri UMKM yang tengah dalam tahap pengembangan fase 1 dan 2 yaitu Galeri UMKM di Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin, Bandara I Gusti NGurah Rai Bali, Bandara El Tari Kupang, Bandara Juanda Surabaya, Bandara Lombok Praya, Bandara Sam Ratulangi Manado, dan Bandara Adisutjipto.

Baca juga : Arsenal Vs Burnley, Arteta Di Ujung Tanduk

"Angkasa Pura I terus berupaya untuk meningkatkan kelas produk-produk UMKM lokal," pungkasnya. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.