Dark/Light Mode

Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated Resmi Berbayar

Mulai Minggu Besok, Jasa Marga Berlakukan Penyesuaian Tarif Di 6 Ruas Tol

Kamis, 14 Januari 2021 14:27 WIB
Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated  (Foto: Jasa Marga)
Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated (Foto: Jasa Marga)

 Sebelumnya 
Penyesuaian tarif ini, Heru mengungkapkan, juga dilakukan sebagai wujud kepastian pengembalian investasi. Atau menjaga kepercayaan investor sesuai rencana bisnis, membangun iklim investasi jalan tol yang kondusif, pemenuhan perjanjian pengusahaan jalan tol (PPJT) sebagai bentuk kerja sama pemerintah, badan usaha, pemenuhan standar pelayanan minimal, peningkatan pelayanan hingga mendukung mobilitas logistik.

Sementara Jasamarga Metropolitan Tollroad (JMT) Regional Division Head, Ari Wibowo menjelaskan, penyesuaian tarif di beberapa ruas tol tersebut, sebenarnya bersifat reguler atau menyesuaikan besarnya inflasi. Seperti Jalan Tol JORR, Jalan Tol Cipularang dan Jalan Tol Padaleunyi yang masuk ke dalam wilayah pengelolaan Regional JMT.

Baca juga : Jadi Yang Pertama Dapat Bansos, Warga Kelurahan Penjaringan Tak Perlu Antre

“Penyesuaian tarif untuk JORR, Cipularang dan Padaleunyi masih menyesuaikan dengan besaran inflasi. Bahkan di ruas Cipularang dan Padaleunyi, juga memberlakukan rasionalisasi tarif. Ini merupakan penataan kelompok tarif dari semula lima kelompok tarif untuk lima golongan kendaraan menjadi tiga kelompok tarif untuk lima golongan kendaraan," terangnya.

Rasionalisasi tarif ini, tak hanya berpengaruh pada kenaikan, tetapi juga penurunan besaran tarif. Di Ruas Cipularang, penurunan besaran tarif berlaku untuk Golongan III yang semula Rp 79.500 menjadi Rp 71.500, dan Golongan V yang semula Rp 119.000 menjadi Rp 103.500 atau turun sebesar 13 persen.

Baca juga : Asyik, Tol Japek II Sudah Bisa Digunakan Buat Mudik Natal dan Tahun Baru

Sedangkan di Ruas Padaleunyi, penurunan besaran tarif berlaku pada Golongan V yang semula Rp 26.000 menjadi Rp 23.500. Atau turun sebesar 10 persen, dan tarif Golongan III tetap atau tidak ada kenaikan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.