Dark/Light Mode

Banjir Surut, Tol Japek Kembali Normal

Minggu, 21 Februari 2021 11:45 WIB
Kondisi Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) sudah bisa dilalui kendaraan.
Kondisi Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) sudah bisa dilalui kendaraan.

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Jasa Marga (Persero) Tbk melaporkan bahwa jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek), khususnya di KM 19 sudah kembali normal karena genangan banjir di lokasi tersebut, sudah surut. 

Corporate Communication dan Community Development Group Head Jasa Marga, Dwimawan Heru mengatakan, jalan di KM 19 sudah bisa dilalui kendaraan. 

Baca juga : Banjir Dikhawatirkan Bikin PPKM Nggak Maksimal

"Hingga pagi ini, Jalan Tol Jakarta-Cikampek KM 19 arah Jakarta kembali normal dan genangan di lokasi tersebut telah surut," ujar Heru dikutip keterangan resminya di Jakarta, Minggu (21/2). 

Heru menuturkan, sejumlah penanganan dilakukan oleh Jasa Marga sejak Sabtu (20/2) dengan melakukan penempatan petugas pengaturan lalu lintas di lokasi, penutupan sementara rest area KM 19 arah Cikampek, pembuatan tanggul sementara, memfungsikan 5 unit pompa, termasuk pompa Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS). 

Baca juga : Banjir Jakarta Tutup Akses Tol TB Simatupang

Kemudian, penambahan saluran samping untuk mengalirkan luapan air Kali Jambe Bekasi, pemasangan kantung pasir hingga pembersihan sampah banjir di Kali Jambe Bekasi. 

Jasa Marga sebelumnya, juga telah memberlakukan rekayasa lalu lintas contraflow dalam rangka mengurai kepadatan lalu lintas yang terjadi akibat genangan air di Km 19 tol Japek arah Jakarta. 

Baca juga : Air Surut, Jalur KRL Pondok Ranji-Kebayoran Kembali Normal

Heru menambahkan, Jasa Marga tengah menangani banjir di Jalan Tol Jakarta-Tangerang. Terpantau di Simpang Susun (SS) Bitung, saat ini terdapat genangan dan masih dilakukan penutupan total di off ramp. 

"Kendaraan dialihkan untuk dikeluarkan melalui GT Cikupa. Saat ini, tengah dilakukan penanganan dengan pompa kapasitas 500 liter per detik. Namun permukaan air belum signifikan karena curah hujan di lokasi cukup tinggi dan limpasan air dari luar Right Of Way (ROW) jalan tol masih membebani sistem drainase dari SS Bitung," tuturnya. [KPJ]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.