Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

PLN Pastikan Pasokan Listrik Lumbung Pangan Di Sumut Terpenuhi

Selasa, 23 Februari 2021 16:05 WIB
Lumbung Pangan di Kabupaten Humbang Hasundutan, Provinsi Sumatera Utara (Sumut). (Dok. PLN)
Lumbung Pangan di Kabupaten Humbang Hasundutan, Provinsi Sumatera Utara (Sumut). (Dok. PLN)

RM.id  Rakyat Merdeka - PLN memastikan pasokan listrik bagi Lumbung Pangan (Food Estate) di Kabupaten Humbang Hasundutan, Provinsi Sumatera Utara (Sumut) terpenuhi.

Komitmen ini tercermin melalui pembangunan jaringan listrik dengan daya sebesar 850 kilo Volt Ampere kVA guna memasok listrik pada lahan seluas 1.000 Hektar are (Ha) tersebut.

Seperti yang diketahui Sumut merupakan salah satu pilot project Food Estate Nasional yang direncanakan rampung pada tahun 2021.

Baca juga : Kasih Bantuan Ke Korban Banjir, Anggota DPRD DKI: Jangan Bawa Atribut Ormas Terlarang

Nantinya, pembangunan food estate ini akan diadopsi provinsi lain untuk mewujudkan program kemandirian pangan nasional.

“Sesuai arahan pemerintah untuk mendukung pembangunan _food estate_, PLN membangun Jaringan Tegangan Menengah (JTM) sepanjang 42,2 Kilometer Sirkuit (KMS) serta Jaringan Tegangan Rendah sepanjang 11,1 KMS untuk menyuplai pasokan daya listrik sebesar 850 kVA,” jelas General Manager PLN Unit Induk Wilayah Sumatera Utara (UIW Sumut) M Irwansyah Putra.

Irwansyah menambahkan, guna menambah keandalan pasokan, PLN juga membangun Gardu Hubung di Desa Pollung, Kecamatan Pollung, Kabupaten Humbang Hasundutan.

Baca juga : Sinergi PLN-TNI Amankan Listrik Terdampak Banjir Di Karawang

Menurutnya, pasokan daya sebesar 850 kVa merupakan tahap awal yang menyesuaikan dengan potensi kebutuhan saat ini.

“Nantinya, dengan perkembangan jumlah pelanggan dan perluasan lokasi Food Estate, PLN akan terus menambah pasokan listrik, karena saat ini sistem Sumatera Utara dalam kondisi surplus,” paparnya.

Saat ini, Sistem Kelistrikan Sumatera Bagian Utara memiliki Daya Mampu sebesar 2.820 Mega Watt (MW), sementara realisasi beban puncak sebesar 2.360 MW, sehingga memiliki cadangan daya sebesar 319 MW.

Baca juga : PLN Pulihkan 99 Persen Listrik Pelanggan Imbas Banjir DKI

Sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di bidang ketenagalistrikan, PLN berkomitmen memenuhi kebutuhan listrik di seluruh tanah air guna menggerakan roda perekonomian bangsa dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. [FAZ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.