Dark/Light Mode

Bantu UMKM Bertahan, Ini Peran Penting BNI

Minggu, 28 Februari 2021 09:53 WIB
Petugas BNI menggunakan aplikasi BNI MOVE untuk mempermudah proses penyaluran kredit kepada debitur. (Foto: Dok. BNI)
Petugas BNI menggunakan aplikasi BNI MOVE untuk mempermudah proses penyaluran kredit kepada debitur. (Foto: Dok. BNI)

 Sebelumnya 
Oleh karena itu, Sis Apik mengungkapkan, BNI telah memiliki sejumlah strategi sebagai salah satu motor penggerak program PEN, terutama dalam meningkatkan daya tahan UMKM di masa pandemi. 

Baca juga : Berita Duka, Istri Emil Salim Meninggal Dunia

Strategi pertama, fase mitigasi dampak pandemi bagi debitur UMKM. BNI memberikan stimulus relaksasi restrukturisasi kredit terhadap 113 ribu debitur UMKM. Kedua, fase adaptasi digital. BNI memberikan bantuan dengan mendorong UMKM bertransformasi ke arah digital. Ketiga, fase pemulihan giat UMKM bagi calon debitur UMKM BNI. Ini dilakukan dengan memberi bantuan dukungan tambahan modal kerja kepada 250 ribu UMKM di Indonesia. 

Baca juga : Potensi Kredit UMKM Makin Besar, Peluang Bagus Bagi Perbankan

Tak hanya itu, BNI juga telah memberikan bantuan subsidi bunga kepada mitra usaha terdampak Covid-19 senilai Rp 1,05 triliun kepada 305 ribu debitur. Kemudian melakukan penjamian kredit sebesar Rp 3,034 triliun ke 2.553 debitur. 

Baca juga : Gelar Pernikahan Di Tengah Pandemi

Sis Apik mengatakan UMKM merupakan tulang punggung perekonomian nasional dan BNI siap mendampingi UMKM untuk melalui masa sulit ini. "Sepanjang tahun 2020, BNI berhasil menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebanyak Rp 22 triliun," pungkas Sis Apik. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.