Dark/Light Mode

Program Kartu Prakerja Sukses, Sekolah.mu Siap Hadirkan Pelatihan Untuk Masyarakat

Kamis, 4 Maret 2021 15:11 WIB
Ilustrasi kartu prakerja. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi kartu prakerja. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Survei Badan Pusat Statistik pada bulan Agustus 2020 menyatakan sebanyak 88,92 persen penerima manfaat Kartu Prakerja dapat meningkatkan keterampilan mereka seusai menyelesaikan pelatihannya.

Selain itu, sebanyak 81,24 persen penerima Kartu Prakerja mengatakan uang insentif yang diberikan pemerintah setelah mereka menyelesaikan pelatihan dapat digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, memulai usaha baru, dan dijadikan tabungan selama masa pandemi Covid-19.

Baca juga : Bamsoet Dorong Pemerintah Siapkan Peraturan Legalitas Kendaraan Modifikasi

Sementara itu, hasil survei evaluasi yang dilakukan Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja menemukan 35 persen penerima manfaat yang pada bulan Februari 2020 kemarin masih menganggur telah berhasil mendapatkan pekerjaan atau berwirausaha.

Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja, Denni Puspa Purbasari mengatakan, setelah sukses dilaksanakan pada tahun 2020 yang lalu, pemerintah akan melanjutkan Program Kartu Prakerja di tahun 2021 yang diawali dengan pembukaan gelombang ke-12 pada 23 Februari kemarin.

Baca juga : Tinjau Vaksinasi Di Sejumlah Lokasi, Gibran Imbau Masyarakat Tetap Jaga Prokes

"Rencananya pemerintah akan membuka pendaftaran untuk 2,7 juta orang penerima manfaat Kartu Prakerja pada semester awal. Kami berharap masyarakat dapat memanfaatkan program ini untuk meningkatkan kompetensi sebelum melamar pekerjaan ke perusahaan ataupun menjadi wirausahawan," kata Denni Puspa Purbasari dalam siaran pers, Rabu (3/3).

Sementara COO Sekolah.mu, Radinka Qiera mengatakan, Program Kartu Prakerja memiliki banyak manfaat bagi masyarakat mulai dari pembekalan serta peningkatan kompetensi kerja dan/atau kewirausahaan hingga alih kompetensi kerja bagi tenaga kerja.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.