Dark/Light Mode

Keren, Pesan Layanan GeNose Kini Bisa Via KAI Access

Senin, 22 Maret 2021 09:33 WIB
Ilustrasi petugas loket GeNoseC19 di stasiun (Foto: Humas KAI)
Ilustrasi petugas loket GeNoseC19 di stasiun (Foto: Humas KAI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Demi meningkatkan pelayanan, PT Kereta Api Indonesia (Persero) menghadirkan fitur baru pada aplikasi KAI Access. Mulai Sabtu (20/3), pemesanan tes GeNose C19 bisa lewat aplikasi KAI Access. 

Inovasi ini merupakan komitmen KAI untuk memberikan kemudahan kepada pelanggan, dalam memenuhi salah satu syarat menggunakan KA Jarak Jauh di masa pandemi Covid-19,” ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus dalam keterangannya, Senin (22/3).

Untuk dapat menggunakan fitur ini, pelanggan harus meng-update KAI Access ke versi 4.4.5 di Android. Untuk versi iOS, akan segera tersedia pembaruan.

Baca juga : Pemerintah Mau Ubah Lapangan Golf Kemayoran Jadi Hutan Kota, PDIP Oke

Pada saat melakukan pembelian tiket Kereta Api Jarak Jauh, pelanggan dapat menambahkan layanan pemeriksaan GeNose C19 langsung pada aplikasi KAI Access.

Biaya tes GeNose C19 yang besarnya Rp 30 ribu akan otomatis ditambahkan ke total pembayaran transaksi.

Saat tiba di stasiun, pelanggan cukup scan barcode e-ticket dari aplikasi KAI Access ke petugas pendaftaran. Setelahnya, akan langsung mendapatkan kantong pemeriksaan GeNose C19.

Baca juga : Hore, Lansia Ber-KTP Non DKI Jakarta Kini Bisa Divaksin Di Istora

"Setelah sampel dianalisis petugas, hasil pemeriksaan GeNose C19 akan langsung masuk ke aplikasi KAI Access pelanggan," terang Joni.

Saat ini, layanan pemesanan GeNose C19 melalui aplikasi KAI Access telah tersedia untuk pelanggan keberangkatan dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen.

KAI secara bertahap akan terus menambah layanan ini untuk keberangkatan di stasiun-stasiun lainnya.

Baca juga : Program Bansos Covid Jadi Bancakan Pejabat Kemensos

"Inovasi ini membuat pelanggan lebih praktis dan aman. Pembayaran tiket KA dan Genose sudah dilakukan melalui aplikasi. Kontak fisik dengan petugas juga terhindarkan, karena pembayaran dilakukan secara cashless," ujar Joni.

“KAI melalui beragam inovasi dan langkah adaptif, akan terus berupaya untuk meningkatkan pelayanan serta memberikan kemudahan bagi para pelanggannya. Agar dapat menikmati layanan perjalanan dengan kereta api yang aman, sehat dan nyaman, sesuai dengan protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah,” tutupnya.

Info lengkap terkait pemesanan GeNose C19 melalui aplikasi KAI Access, dapat menghubungi Customer Service di Stasiun, Contact Center KAI melalui telepon di 021-121, WhatsApp KAI121 di 08111- 2111-121, email [email protected], atau media sosial KAI121. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.