Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kedubes Iran Rayakan Hari Revolusi Via YouTube

Rabu, 10 Februari 2021 12:59 WIB
Duta Besar Iran untuk Indonesia Mohammad Azad.
Duta Besar Iran untuk Indonesia Mohammad Azad.

RM.id  Rakyat Merdeka - Kedutaan Besar (Kedubes) Iran di Jakarta merayakan Hari Revolusi mereka secara virtual. Ini adalah event perdana perayaan historis ini dilakukan secara virtual di kanal YouTube.

"Karena pandemi Covid-19, kita tidak bisa mengadakan resepsi seperti biasa. Kami mengajak sahabat semua menyaksikan perayaan Hari Revolusi Iran via kanal YouTube," jelas keterangan Kedubes Iran di Jakarta, Rabu (10/2/2021).

Biasanya, perayaan Hari Revolusi Iran memang dirayakan di hotel dengan mengundang jajaran diplomat asing, pejabat pemerintah, sahabat Iran dan juga jurnalis. Kali ini, demi meneruskan tradisi merayakan Hari Revolusi, Kedubes Iran di Jakarta memposting video perayaan mereka di akun YouTube, Rabu (10/2).

Baca juga : Kemensos Bantu Pulihkan Trauma Pengungsi Korban Gempa Sulbar

Dalam video selama 33 menit 23 detik ini, Duta Besar Iran untuk Indonesia Mohammad Azad memberikan sambutannya. Dia menyampaikan betapa mengakarnya hubungan persahabatan Iran dengan Indonesia.

"Persahabatan Iran dengan Indonesia tercatat sejak era Zoroasterisme pada abad ke-1 Sebelum Masehi hingga abad ke-21. Hubungan kita terus kuat," paparnya dalam video tersebut.

Kedekatan yang sangat lama ini bisa dilihat lewat sejumlah kosa kata Indonesia yang menyerap bahasa Persia. "Ada lebih dari 400 kata yang diserap dari Bahasa Persia ke Indonesia seperti pahlawan, istana, saudagar dan masih banyak lagi," lanjutnya.

Baca juga : Kelola Aset, Taspen Percayakan Pada Kustodian BNI

Dubes yang bertugas sejak November 2019 ini menyebut, bahwa Iran adalah negara rasional. "Di bidang politik luar negeri, kami selalu mengendepankan hubungan konstruktif dengan negara dunia. Untuk menyelesaikan masalah regional, Iran telah memberikan berbagai inisiatif di kawasan Timur Tengah," sambungnya.

"Iran selalu siap mengedepankan diplomasi dan dialog demi perdamaian regional, agar kita bersama bisa mengalami masa depan yang maju," tegasnya.

Dalam video selama lebih dari setengah jam ini, dipaparkan juga sejarah hubungan diplomatik Iran dengan Indonesia yang dimulai sejak 1950. "Perayaan 70 tahun hubungan Iran dan Indonesia memang sudah lewat pada 2020. Kami berharap, 70 tahun kedepan ada perluasan hubungan kedua negara di berbagai bidang. Karena abad ke-21 adalah abadnya Asia," harap dubes yang jago berbahasa Indonesia ini.

Baca juga : HUT Ke-48, PDIP Rapatkan Barisan

Di video ini juga dipaparkan keindahan alam Iran yang bisa dinikmati di segala musim. Pemaparan dalam video mengenai perkembangan Iran di berbagai sektor dijelaskan sendiri oleh Dubes Azad.

Dijelaskan bahwa Iran memiliki banyak pencapaian di berbagai sektor seperti sektor kebudayaan, pendidikan, industri medis, nuklir dan teknologi luar angkasa. Dia berharap hubungan Iran dan Indonesia bisa saling mendukung pertumbuhan dan kesuksesan di berbagai sektor.

Di akhir pidato singkatnya, Dubes Azad menyisipkan pantun penyemangat. "Papan lama terpecah belah, anak menangis meminta bola. Jangan menyerah jangan kalah, semangat kita selalu menyala," ujarnya. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.