Dark/Light Mode

Tak Perlu Borong, Pertamina Jamin Stok BBM Aman

Senin, 29 Maret 2021 14:32 WIB
Dirut Pertamina Nicke Widyawati (Foto: Istagram/nicke_widyawati)
Dirut Pertamina Nicke Widyawati (Foto: Istagram/nicke_widyawati)

RM.id  Rakyat Merdeka - Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati meminta masyarakat tetap tenang dan tidak melakukan aksi panic buying alias memborong bahan bakar minyak (BBM) atas kebakaran Kilang Balongan, di Indramayu, Jawa Barat, dini hari tadi. Dia memastikan, stok BBM masih cukup untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri.

"Masyarakat tidak perlu panic buying karena pasokan tetap berjalan aman dan lancar," kata Nicke Widyawati, saat konferensi pers, di Jakarta, Senin (29/3).

Baca juga : Gercep, Pertamina Isolasi Area Tanki T-301 Balongan

Nicke merinci, stok gasoline atau bensin masih tersedia 10,5 juta barel. Jumlah ini cukup untuk 27-28 hari ke depan. Stok solar ada 8,8 juta barel, yang cukup untuk 20 hari, Stok avtur sebanyak 3,2 juta barel untuk konsumsi 74 hari. Kemudian, stok elpiji masih tersedia hingga 17 hari ke depan.

Aktivitas ekonomi yang belum berjalan normal akibat pandemi Covid-19 membuat ketersediaan bahan bakar Pertamina cukup dalam memenuhi kebutuhan masyarakat. Pertamina akan menyuplai kebutuhan bahan bakar bagi masyarakat dari sejumlah kilang dan terminal BBM. Di antaranya dari Kilang Cilacap dan Kilang Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI).

Baca juga : Kilang Balongan Terbakar, Pertamina Tekor 400 Ribu Barel BBM

Produksi kedua kilang itu akan ditingkatkan. Untuk Kilang Cilacap menjadi 300 ribu barel dan untuk Kilang TPPI menjadi 500 ribu barel. "Kami mengoptimalkan produk dari kilang-kilang lain dan menyalurkannya langsung ke daerah-daerah yang selama ini disuplai Kilang Balongan," jelas Nicke.

Dia juga memastikan tidak ada kendala terkait suplai bahan bakar. Sebab, equipment utama dalam kilang tidak terdampak kebakaran. Pertamina sudah bisa melokalisir api di dalam bund wall dengan menggunakan foam, sehingga nyala api tidak menjalar ke area lain.

Baca juga : Kilang Balongan Terbakar, Pertamina Pastikan Stok Dan Distribusi BBM/LPG di Region III Aman

"Kebakaran hanya terjadi di daerah tangki saja. Kilang akan dioperasikan kembali setelah kami berhasil melakukan pemadaman," ucap Nicke, meyakinkan. [USU]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.