Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Mantap, KAI Sabet 8 Penghargaan IGA 2021

Kamis, 8 April 2021 19:52 WIB
Ilustrasi (Foto: Istimewa)
Ilustrasi (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Kereta Api Indonesia (Persero) kembali menorehkan prestasi di ranah Corporate Social Responsibility (CSR), melalui ajang Indonesia Green Awards (IGA) 2021 yang diselenggarakan The La Tofi School of CSR.

KAI mendapatkan penghargaan utama pada ajang The Best Indonesia Green Awards 2021 atas keberhasilannya memperoleh 7 penghargaan lainnya, untuk kategori Pengembangan Wisata Konservasi Alam, Penanganan Sampah Plastik, Penyelamatan Sumber Daya Air, Rekayasa Teknologi Dalam Menghemat Energi/Penggunaan Energi Baru Terbarukan, Mengembangkan Keanekaragaman Hayati, Mempelopori Pencegahan Polusi, dan Mengembangkan Pengolahan Sampah Terpadu.

Penghargaan IGA 2021 diserahkan langsung Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Indonesia Alue Dohong kepada Vice President CSR KAI Agus Setijono di Ramayana Terrace Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, Rabu (7/4).

"Saya ucapkan terima kasih atas penghargaan yang diberikan. Raihan penghargaan ini menjadi bukti bahwa KAI terus menjaga lingkungan melalui inovasi-inovasi program CSR kami," ujar Agus Setijono.

Baca juga : Brantas Abipraya Sabet Digitech Award 2021

Dalam kesempatan yang sama, KAI berkesempatan memaparkan salah satu program unggulannya, yaitu Pengolahan Sampah Metode Maggot Black Sordier Fly (BSF) di Bandung.

Agus Setijono mengatakan, Metode Maggot Black Soldier Fly (BSF) merupakan metode pengolahan sampah organik dengan memanfaatkan belatung dari lalat hitam.

"Maggot saat ini dianggap menjadi solusi yang paling baik karena memiliki keunggulan dalam pengelolaan sampah organik," tuturnya.

Di antaranya, sambung Agus, mampu menghasilkan pupuk dari kotoran maggot, tidak berbau, dan maggot tersebut bisa digunakan sebagai pakan ternak.

Baca juga : Angkasa Pura I Raih Empat Penghargaan PR Indonesia Awards 2021

Dia melanjutkan, program pengelolaan sampah ini merupakan dukungan KAI terhadap pemerintah dalam penanganan sampah. Dan sesuai dengan arahan Kementerian BUMN untuk mendukung Sustainable Development Goals (SDGs)/Tujuan Pembangunan Berkelanjutan tentang Penanganan Perubahan Iklim, Kehidupan Sehat dan Sejahtera, serta Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi.

Indonesia Green Awards (IGA) 2021 sendiri merupakan penghargaan yang diberikan oleh The La Tofi School of CSR kepada perusahaan-perusahaan yang memiliki kepedulian tinggi terhadap lingkungan melalui berbagai ragam kreativitas.

Adapun selaku tim penilai dari Indonesia Green Awards 2021 adalah Chairman The La Tofi School of CSR/Ketua Tim Penilai Indonesia Green Awards La Tofi, Guru Besar Komunikasi Universitas Indonesia Prof. Ibnu Hamad, dan Direktur Green Advokasi Network (Hijauku.com) Hizbullah Arief.

Tahun lalu, KAI juga mendapatkan 5 kategori penghargaan dengan program unggulan Rail Clinic dalam ajang Nusantara CSR Award 2020, yang juga diselenggarakan oleh The La Tofi School of CSR pada Oktober 2020.

Baca juga : KLHK Godok Konsep Baru Penghargaan Adipura

"Penghargaan ini akan semakin memacu KAI untuk terus memberikan manfaat sebesar-besarnya, tak hanya kepada masyarakat luas namun juga kepada lingkungan," tutup Agus. [EFI]

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.