Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Sistem Keuangan Indonesia Tetap Aman Di Tengah Pandemi, Ini Rahasianya

Jumat, 30 April 2021 13:47 WIB
Bank Indonesia. (Foto: Ist)
Bank Indonesia. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Stabilitas sistem keuangan Indonesia terjaga di tengah tekanan pandemi Covid-19 sepanjang 2020. Terjaganya ketahanan sektor keuangan karena baiknya sinergi pemerintah, Bank Indonesia (BI) dan otoritas terkait di sektor keuangan.

Berbagai sinergi kebijakan dengan langkah luar biasa (extraordinary measures) terkait Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), telah dilakukan untuk mengatasi dampak buruk pandemi terhadap perekonomian dan sistem keuangan.

Respons kebijakan yang dilakukan telah mampu menopang ekonomi domestik pada Semester II-2020 secara lebih baik dibandingkan pada Semester I-2020, dengan stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan yang terjaga.

Baca juga : Tim Danone Indonesia Raih Excellent Team 2021

“Stabilitas sistem keuangan yang terjaga tercermin dari pasar keuangan yang relatif stabil serta ketahanan perbankan yang tetap terjaga, baik dari sisi permodalan, likuiditas, maupun profitabilitas,” sebut intisari Buku Kajian Stabilitas Keuangan (KSK) No. 36 Sinergi Kebijakan Menjaga Ketahanan Sistem Keuangan dan Mendorong Intermediasi untuk Membangun Optimisme Pemulihan Ekonomi Nasional yang diterbitkan pada Jumat (30/4).

Masih dalam kajian Buku KSK, dikatakan, ketahanan perbankan di 2020 masih kuat didukung oleh kebijakan moneter dan makroprudensial yang akomodatif, kebijakan restrukturisasi kredit, serta kebijakan akomodatif otoritas lainnya. “Indeks Stabilitas Sistem Keuangan masih berada dalam zona normal,” terangnya.

Pembiayaan yang disalurkan Industri Keuangan Non Bank (IKNB) sepanjang 2020 menurun, namun pada akhir paruh kedua 2020 mulai menunjukkan tanda perbaikan, sementara ketahanan IKNB di 2020 tetap terjaga.

Baca juga : Keuangan Syariah Indonesia Kini Tembus 4 Besar Dunia

Tak hanya itu, kontraksi penjualan korporasi juga tercatat mulai mereda didukung perbaikan harga dan permintaan komoditas, serta didukung oleh kemampuan bayar korporasi yang mulai membaik. “Tekanan terhadap kinerja rumah tangga menurun seiring mulai meredanya tekanan pada korporasi. Namun konsumsi tertunda seiring dengan mobilitas yang masih terbatas,” jelasnya.

Sinergi kebijakan Pemerintah, BI, dan otoritas terkait ditempuh dalam kerangka Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) melalui perumusan: Paket Kebijakan Terpadu untuk Peningkatan Pembiayaan Dunia Usaha dalam rangka Percepatan Pemulihan Ekonomi, secara terkoordinasi. “BI menempuh berbagai bauran kebijakan secara terukur,” sebutnya.

Pada sisi kebijakan makroprudensial, BI juga melakukan publikasi Asesmen Suku Bunga Dasar Kredit (SBDK), pelonggaran Loan to Value (LTV) Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dan Uang Muka Kredit Kendaraan Bermotor (KKB), reaktivasi Rasio Intermediasi Makroprudensial (RIM) secara bertahap guna mendorong pertumbuhan kredit perbankan.

Baca juga : Literasi Ciptakan Manusia Berdaya Saing, Harus Didukung Semua Pihak

Sementara itu, untuk meningkatkan akses pembiayaan kepada UMKM, BI juga akan memperluas cakupan pembiayaan UMKM, melalui penerbitan ketentuan Rasio Pembiayaan Inklusif Makroprudensial (RPIM). “Ke depan, koordinasi dan sinergi kebijakan akan semakin diperkuat untuk menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan, serta untuk implementasi berbagai Kebijakan Terpadu dalam rangka Percepatan Pemulihan Ekonomi,” jelas keterangan BI. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.