Dark/Light Mode

Sejumlah Operator Angkutan Darat Siap Dukung Operasional Bandara Internasional Yogyakarta

Kamis, 25 April 2019 13:40 WIB
Direktur Utama AP I Faik Fahmi (kedua kiri) bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kedua kanan) dan Dirjen Perhubungan Udara Polana B Pramesti saat meninjau kesiapan Bandara New Yogyakarta International Airport. (Foto: Humas AP I)
Direktur Utama AP I Faik Fahmi (kedua kiri) bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kedua kanan) dan Dirjen Perhubungan Udara Polana B Pramesti saat meninjau kesiapan Bandara New Yogyakarta International Airport. (Foto: Humas AP I)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menjelang pengoperasian Bandara Internasional Yogyakarta (Yogyakarta International Airport/YIA), PT Angkasa Pura I (Persero) atau AP I memastikan, sejumlah operator angkutan darat di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) siap mendukung mobilitas calon penumpang dari dan menuju bandara baru, yang terletak di Kabupaten Kulon Progo.

"Kami telah melakukan koordinasi dengan Dinas Perhubungan DIY dan operator angkutan darat di Provinsi DIY, mengenai kesiapan moda transportasi bagi calon penumpang pesawat udara, dari dan menuju Yogyakarta International Airport (YIA). AP I sangat mengapresiasi kesiapan beberapa operator angkutan darat, yang akan mendukung mobilitas calon penumpang saat bandara beroperasi nantinya," ujar Direktur Utama AP I Faik Fahmi dalam keterangan tertulis yang diterima RMcoid, Kamis (25/4).

Baca juga : AP I Siap Gelar Simulasi Operasional Bandara Internasional Yogyakarta

Operator transportasi darat yang telah menyatakan siap beroperasi antara lain Perum Damri, PT Keren Transindo Sejahtera (SatelQu), operator taksi Primkopau II, dan Organda DIY (2 perusahaan). Selain itu, PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau  KAI juga menyiapkan rute KA menuju Stasiun Wojo di Purworejo, untuk menunjang mobilitas menuju YIA.

Di tahap awal, Perum Damri yang menyiapkan 12 unit armada, akan melayani 4 trayek pada tahap awal. Yaitu YIA - Yogyakarta (Kantor Damri Cabang Yogyakarta), YIA - Stasiun Wojo, YIA - Magelang (Candi Borobudur) dan YIA - Kebumen via Purworejo (Hotel Patra) pulang dan pergi.

Baca juga : Terminal Domestik Ngurah Rai Ditutup, Penerbangan Dipindah Ke Internasional

Sedangkan SatelQu menyediakan 9 unit bus yang akan melayani tiga rute, yaitu Banjarnegara - Wonosobo - Purworejo - YIA - Bandara Adisutjipto, Cilacap - YIA - Bandara Adisutjipto, dan Purwokerto - YIA - Bandara Adisutjipto pulang dan pergi.

Bagi calon penumpang pesawat udara yang ingin menggunakan moda transportasi kereta api, KAI menyiapkan 6 rute perjalanan. KAI juga menyiapkan satu rangkaian kereta, yang akan melayani perjalanan dari Stasiun Maguwo yang berada di Bandara Adisutjioto, Stasiun Tugu, kemudian menuju Stasiun Wojo sebanyak 4 kali perjalanan pulang pergi. 2 rute lainnya akan dilayani KA Solo Ekspres relasi Solobalapan - Kutoarjo.

Baca juga : Demokrat Ikut Kebijakan Menteri Enggar

Dari Stasiun Wojo, penumpang dapat melanjutkan perjalanan menuju YIA menggunakan shuttle bus (Damri) yang tersedia, dengan waktu tempuh sekitar 10 menit.

"Kami berharap, dengan adanya dukungan dan pilihan berbagai moda angkutan darat ini dapat memudahkan calon penumpang dan memberikan rasa aman dan nyaman selama perjalanan dari dan menuju YIA. Hal ini juga sebagai perwujudan sinergi dan konektivitas transportasi di DIY," tutup Faik. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.