Dark/Light Mode

Kadin Dan Sampoerna Gelar Vaksinasi Untuk Ribuan Pekerja Di Mojokerto

Jumat, 6 Agustus 2021 22:14 WIB
Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, Direktur Sampoerna Elvira Lianita bersama Ketua Umum Kadin Indonesia, Arsjad Rasjid meninjau pelaksanaan vaksinasi Gotong Royong di Mojokerto, Jumat,( 6/8) (dok. Kadin Indonesia)
Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, Direktur Sampoerna Elvira Lianita bersama Ketua Umum Kadin Indonesia, Arsjad Rasjid meninjau pelaksanaan vaksinasi Gotong Royong di Mojokerto, Jumat,( 6/8) (dok. Kadin Indonesia)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT HM Sampoerna Tbk melaksanakan program vaksinasi bagi seluruh karyawan yang berjumlah sekitar 65.000 orang, mulai Kamis (5/8) hingga Sabtu (7/8).  

Mayoritas karyawan tersebut, bekerja di 6 fasilitas produksi Sampoerna dan 38 Mitra Produksi Sigaret (MPS), yang tersebar di berbagai kota dan kabupaten di Pulau Jawa. 

Menurut Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia, Arsjad Rasjid kegiatan ini merupakan bagian dari program Vaksinasi Gotong Royong yang diinisiasi oleh Kadin Indonesia dengan sejumlah perusahaan. 

Arsjad menjelaskan, program Vaksinasi Gotong Royong menyasar karyawan dari perusahaan milik anggota Kadin , dan biayanya dibebankan ke perusahaan.

Baca juga : Modernland Dan Polsek Benteng Gelar Vaksinasi Untuk 600 Warga

“Kami mengapresiasi komitmen Sampoerna untuk melindungi karyawan dari ancaman Covid-19 melalui program Vaksinasi Gotong Royong. Program ini merupakan upaya dari Kadin  Indonesia untuk berkontribusi kepada bangsa dan membantu Pemerintah untuk pulih dari situasi pandemi sehingga perekonomian bangsa secara otomatis dapat bangkit,” kata Arsjad melalui keterangannya, Jumat (6/8)

Selain itu, lanjut Arsjad, vaksinasi ini juga untuk mendukung tercapainya kekebalan komunal (herd immunity) sekaligus meringankan beban Pemerintah mengejar target vaksinasi nasional, tanpa membebani APBN.

Direktur Sampoerna, Elvira Lianita, menyatakan program vaksinasi ini merupakan wujud komitmen perusahaannya dalam memprioritaskan kesehatan dan keselamatan karyawan sekaligus melakukan upaya terbaik dalam menjalankan roda ekonomi di tengah masa pandemi ini. 

Sebagai salah satu pelaku industri padat karya, kata Elvira, Sampoerna senantiasa menerapkan standar protokol kesehatan yang ketat dan memberikan upaya perlindungan-perlindungan lainnya bagi kesehatan dan keselamatan karyawan. 

Baca juga : Hari Kelima, Polda Metro Geber Vaksinasi Merdeka Untuk Ratusan Warga Cipulir

Kegiatan vaksinasi untuk ribuan pekerja Sampoerna ini juga dihadiri oleh Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah.  

“Saya mengapresiasi atas  partisipasi aktif pelaku usaha seperti yang dilakukan Sampoerna dalam  membantu  Pemerintah menekan laju penularan dan membantu percepatan upaya membangun kekebalan komunal terhadap Covid-19,” ujar Menaker Ida. 

Kepada Menaker, Elvira juga melaporkan perkembangan program vaksinasi di Sampoerna kepada Menteri Ketenagakerjaan. Di 2 MPS yang berada di Mojokerto, kata Elvira, Sampoerna melakukan program vaksinasi untuk sekitar 1.720 orang. 

“Hingga 30 Juli 2021, lebih dari 42.000 orang atau 65 persen dari total karyawan langsung dan tidak langsung Sampoerna telah menerima setidaknya satu dosis vaksinasi. Sisanya, telah dijadwalkan untuk menerima vaksin Gotong Royong secara bertahap sampai akhir bulan Agustus," kata Elvira.   

Baca juga : JXB Gelar Sentra Vaksinasi, Target Seribu Dosis

PT Sampoerna, tambah Elvira, menargetkan dan berupaya agar vaksin ini dapat menjangkau sekitar 65.000 karyawan saat memperingati hari jadi perusahaan yang ke 108 pada 27 Agustus nanti. 

“Keberhasilan Sampoerna untuk memvaksinasi seluruh karyawannya merupakan kado terbesar bagi perusahaan tersebut sekaligus sebagai salah bentuk kontribusi mereka kepada negara,”tandasnya. [MFA] 
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.