Dark/Light Mode

Kolaborasi Sama BPPT

INKA Bangun Prototype KA Cepat Makassar-Parepare Di 2022

Rabu, 18 Agustus 2021 22:39 WIB
Ilustrasi (Foto: Ist)
Ilustrasi (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT INKA (Persero) bersama Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dan beberapa perguruan tinggi, serta perusahaan swasta, tengah mempersiapkan untuk membuat kereta cepat yang mampu melaju di atas 200 kilometer (km) per jam.

Direktur Pengembangan INKA Agung Sedaju menuturkn, secara teknologi, INKA sudah siap untuk membuat sarana kereta api (KA) cepat Makassar-Parepare ini. Dan sedang dikolaborasikan dengan BPPT.

“Untuk Makassar-Parepare kami siap mengoperasikan kereta cepat produk anak negeri, dengan teknologi hybrid battery pada 2022,” imbuhnya di Jakarta, kemarin.

Baca juga : Kolaborasi Dengan AS, Bakamla Bangun Pusat Pelatihan Maritim Di Batam

Direktur Pusat Teknologi Sistem dan Prasarana Transportasi BPPT Muljadi Sinung Harjono mengatakan, BPPT memiliki target pembuatan prototype kereta cepat dengan kecepatan di atas 200 km per jam.

Di 2020, BPPT sudah menyelesaikan target DR O design requirement and objective atau pre-spesifikasi teknis, dan basic manufacture design tahun ini.

Pada 2022, pihaknya memiliki rencana anggaran pembangunan sarana prototype KA cepat. Untuk itu diperlukan lokasi untuk uji sebenarnya KA cepat, dengan kecepatan di atas 200 km per jam, sepanjang 20 km dengan lebar track yang mencukupi.

Baca juga : Kolaborasi Multi Sektor Dapat Mengembangkan Desa Wisata Hijau

"Untuk pembuktian, kereta api cepat tersebut diharapkan bisa diujicobakan di jalur Makassar-Parepare. Jalur ini dinilai pas," katanya.

Setelah prototype tersebut jadi di akhir 2022, sambung Muljadi, harapannya prototype itu dapat dimanfaatkan sebagai bagian armada kereta api penumpang yang dapat memenuhi kebutuhan lapangan.

Dalam hal ini, BPPT juga berkolaborasi dengan konsorsium Prioritas Riset Nasional Teknologi Perkeretaapian. Terdapat juga perguruan tinggi seperti ITB, ITS, UNS dan UGM dan beberapa industri yang terkait dengan perkeretaapian INKA dan PT Pindad (Persero). [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.