Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kolaborasi Dengan AS, Bakamla Bangun Pusat Pelatihan Maritim Di Batam

Jumat, 25 Juni 2021 21:49 WIB
Kepala Kantor Kamla Zona Maritim Barat Laksma Bakamla Hadi Pranoto (depan) meletakkan batu pertama di lokasi yang akan dijadikan Pusat Pelatihan Maritim di Batam, Jumat (25/6/2021).
Kepala Kantor Kamla Zona Maritim Barat Laksma Bakamla Hadi Pranoto (depan) meletakkan batu pertama di lokasi yang akan dijadikan Pusat Pelatihan Maritim di Batam, Jumat (25/6/2021).

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Keamanan Laut Indo­nesia (Bakamla) melakukan upacara peletakan batu perta­ma Pusat Pelatihan Maritim di Batam, kemarin. Acara yang berlangsung hy­brid­ (dilaksanakan secara lang­­­sung dan virtual), dihadiri Duta Besar Amerika Serikat untuk In­­donesia (Dubes AS) Sung Kim,­ dan Deputi Kebijakan dan­ Stra­tegi Bakamla Laksda Ba­kamla Tatit E. Witjaksono.

Dubes Kim mengatakan, inisiatif ini sebagai bagian dari upa­ya berkelanjutan AS dalam­ ber­mitra dengan Indonesia da­lam memerangi kejahatan trans­nasional. Kerja sama itu mencakup penyediaan peralatan, du­kungan, pelatihan dan bantuan teknis kepada Bakamla RI sejak 2014.

Baca juga : Trend Baru Jelajahi Bali, Naik Heli Private Jadi Pilihan Menarik Wisatawan

Pusat pelatihan itu senilai 3,5 juta dolar AS atau sekitar Rp 50,5 miliar ini. Pembagunannya merupakan kolaborasi antara Bakamla RI, US Coast Guard, Kantor Urusan Narkotika dan­ Pe­negakan Hukum Interna­sio­­nal (INL) Kedutaan Besar AS, Satuan Tugas Antar Ba­dan Gabungan Barat (Joint In­te­ragency Task Force West), Ko­mando Indo-Pasifik AS dan Komando Fasilitas Teknik Ang­katan Laut AS.

“Sebagai sahabat dan mitra Indonesia, Amerika Serikat tetap berkomitmen untuk mendukung peran utama Indonesia dalam memajukan perdamaian dan keamanan regional dengan melawan kejahatan domestik dan transnasional,” kata Dubes Kim.

Baca juga : Golkar Puji Perusahaan Lokal Bantu Cegah Penyebaran Corona

Di lokasi upacara ini, hadir Kepala Kantor Kamla Zona Maritim Barat, Laksma Bakamla Hadi Pranoto, didampingi Kepala Biro Sarpras Laksma Bakamla Supriatno, Laksma Bakamla Sandy M. Latief dan perwakilan dari Kedubes AS yaitu INL Grant and Program Manager Kris­ten Gross, INL Program Spe­cialist Moja Nurkalam dan Atase Marinir Cedric Lee.

Tatit mengatakan, pusat pelatihan ini akan dimiliki dan diope­rasikan Bakamla. “Pusat pelatihan ini akan menjadi sarana penting bagi Ba­kamla untuk meningkatkan kompetensi personel dalam men­jawab tantangan tugas menjamin keamanan dan keselamatan di laut,” ujarnya.

Baca juga : Presiden Jokowi Bakal Buka Munas Kadin Di Kendari

“Pusat pelatihan yang diba­ngun­ ini akan mencakup ruang kelas, ruang kantor, barak, dapur makan, dan landasan peluncuran kapal. Tempat ini akan menampung hingga 50 siswa dan 12 instruktur,” pungkasnya. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.