Dark/Light Mode

Pemerintah Siapkan Skenario Covid-19 Jadi Endemi

Selasa, 7 September 2021 11:57 WIB
Wapres KH Maruf Amin. (Foto: ist)
Wapres KH Maruf Amin. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah sedang menyiapkan skenario terperinci terkait penanganan Covid-19 ketika sudah menjadi endemi di Tanah Air.

Begitu kata Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin usai meninjau Sentra Vaksinasi CoviD-19 di Kampus UI Salemba Jakarta, Selasa (7/9).

Baca juga : Menhub Siapkan Langkah Cegah Masuknya Varian Baru Covid-19

Wapres mengatakan, pemerintah memprediksi Covid-19 tidak akan lenyap dengan cepat sampai ada penemuan obat yang mujarab. Untuk dapat mengakhiri masa pandemi secara bertahap dan menuju endemi, pemerintah akan tetap menerapkan protokol kesehatan dan mempercepat vaksinasi Covid-19.

"Begitu juga kalau yang sudah dua kali divaksin kita akan berikan booster-nya dan memang sementara yang akan diberikan itu adalah tenaga kesehatan," jelasnya.

Baca juga : Menteri ESDM: Anak Muda Jadi Pelopor Energi Bersih

Pemberian dosis tambahan vaksin Covid-19 atau booster, kata Wapres, merupakan salah satu strategi yang dilakukan pemerintah untuk menurunkan level pandemi ke endemi. Sejumlah negara mulai mempertimbangkan untuk menyuntikkan booster kepada masyarakat guna meningkatkan daya tahan atau imun tubuh terhadap Covid-19.

"Secara lebih detail itu memang sedang disiapkan skenarionya seperti apa, yang pasti penerapan protokol kesehatan ketat dan vaksinasi akan berlanjut sampai tiga kali dosis atau booster, ini yang sekarang dilakukan pemerintah," ujarnya. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.