Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Sagolicious Dan Pangdam XVII Cenderawasih Resmikan Pusat Kuliner Di Papua

Kamis, 7 Oktober 2021 17:16 WIB
Sagolicious Dan Pangdam XVII Cenderawasih Resmikan Pusat Kuliner Di Papua

RM.id  Rakyat Merdeka - Panglima Kodam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono bersama Duta Sagu Indonesia, Jenny Widjaja meresmikan pusat kuliner Papua disela-sela pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua. 

Pusat kuliner yang berada di Papua itu, menyediakan berbagai masakan khas nusantara, termasuk, berbagai kuliner berbahan sagu. Salah satu tenant yang menarik Mayjen Ignatius ialah Sagolicious. Restoran yang khusus menyediakan kuliner berbahan utama sagu. 

“Sagolicious merupakan pelopor sagu varian di Indonesia, yang bertujuan mengangkat sagu sebagai makanan pokok masyarakat Papua, agar dikenal masyarakat di Tanah Air,” kata Jenny Widjaja saat mendampingi Mayjen Ignatius, Kamis (7/10).

Baca juga : Dubes Darmansjah Djumala, Resmikan Masjid Baru Wapena Di Wina

Sagolicious menyediakan berbagai olahan Sagu Varian Modern seperti untuk mie dan pasta. Dalam kunjungannya di Sagolicious, Mayjen Ignatius sempat mencicipi sejumlah penganan yang disediakan. 

“Saya mengapresiasi Sagolisious yang berani tampil beda, menyajikan  olahan makanan berbahan utama sagu, yang rasanya tak kalah dengan kuliner dari daerah lain,” kata Mayjen Ignatius. 

Ia berharap  keberadaan Sagolicious bisa mengenalkan sagu secara nasional, bahkan internasional. “Supaya dunia tahu kekayaan kuliner kita,” imbuh Mayjen Ignatius. 

Baca juga : Ini Deretan Artis Yang Akan Meriahkan Pembukaan PON XX Papua

Selama pergelaran PON XX Papua, Sagolicious juga menyediakan berbagai varian olahan sebagai oleh-oleh para kontingen peserta. 

Menurut Food and Agricuture Organization, per 100 gram sagu mengandung: Kalori: 332, Protein: kurang dari 1 gram, Lemak: kurang dari 1 gram, Karbohidrat: 83 gram, Serat: kurang dari 1 gram, dan Zinc: 11 persen dari Reference Daily Intake (RDI). 

Selain zinc, sagu juga rendah vitamin dan mineral. Ini membuatnya secara nutrisi lebih rendah daripada banyak jenis tepung seperti gandum utuh atau soba, yang biasanya mengandung lebih banyak nutrisi, seperti protein dan vitamin B.

Baca juga : Jenderal, Dengerin Nih Apa Kata Kiai NU

Dengan berbagai kandungannya itu, sagu juga punya manfaat untuk Kesehatan. Antara lain sebagai penangkal radikal bebas, sumber pati resisten yang baik, mengurangi risiko penyakit jantung, meningkatkan kinerja saat olahraga, menambah berat badan, menurunkan tekanan darah, dan sebagainya. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.