Dark/Light Mode

Grab, Emtek Dan Bukalapak Kompak Dorong Digitalisasi UMKM Kota-kota Kecil

Kamis, 14 Oktober 2021 15:12 WIB
Grab, Emtek Dan Bukalapak Kompak Dorong Digitalisasi UMKM Kota-kota Kecil

RM.id  Rakyat Merdeka - Grab Indonesia bersama Emtek dan Bukalapak, kompak berkolaborasi mewujudkan 10.000 UMKM digital hingga akhir 2021, melalui program Kota Masa Depan (Kolaborasi Nyata Untuk Masa Depan).

Program Kota Masa Depan merupakan program akselerator ekstensif yang menargetkan UMKM di kota-kota kecil di seluruh Indonesia yang berfokus pada tiga prioritas. Yakni Vaksinasi, Adopsi Platform Digital (onboarding ke aplikasi Grab dan Bukalapak) dan Pemberdayaan UMKM melalui pelatihan dan pendampingan untuk pengembangan usaha melalui teknologi digital.

Baca Juga : Kanker Payudara Serang Generasi Muda, Upaya Preventif Harus Gencar

"Dimulai di Kupang, Nusa Tenggara Timur dan akan berlanjut secara bertahap di Solo, Gowa, Malang dan Pekanbaru hingga akhir Desember 2021, program Kota Masa Depan menargetkan 10.000 UMKM," jelas Country Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi dalam konferensi pers secara virtual, Kamis (14/10).

Nantinya, UMKM yang bergabung dalam program ini dapat menjangkau jutaan konsumen Grab dan Bukalapak di seluruh Indonesia. UMKM juga memperoleh peluang pendapatan baru dengan memiliki toko digital sehingga menjaga stabilitas bisnis mereka bahkan di masa pandemi.

Baca Juga : Bank Mandiri Bangun Sarana Desalinasi Air Laut Di Labuan Bajo

Dalam tiga pilar program yang ada, Grab, Emtek, dan Bukalapak akan menggabungkan keahlian mereka untuk melatih, serta mendampingi UMKM dalam rangka meningkatkan kemampuan UMKM akan siap bergabung dalam ekonomi digital.

Neneng mengatakan, sebanyak 100 UMKM terpilih di Kupang dan Solo, juga akan memperoleh beberapa keuntungan. Yaitu, pelatihan khusus tentang pengelolaan bisnis yang dimentori Grab dan Bukalapak.
 Selanjutnya