Dark/Light Mode

Grab, Emtek Dan Bukalapak Kompak Dorong Digitalisasi UMKM Kota-kota Kecil

Kamis, 14 Oktober 2021 15:12 WIB
Grab, Emtek Dan Bukalapak Kompak Dorong Digitalisasi UMKM Kota-kota Kecil

 Sebelumnya 
Selanjutnya, pendampingan gratis selama satu bulan dari sisi desain, pengemasan, hingga pemasaran melalui media sosial dan influencer.

Dan terakhir, mendapat iklan gratis di platform Grab dan Bukalapak 5 UMKM terpilih akan mendapat publikasi di jaringan media Emtek Group.

"Grab bersama Emtek dan Bukalapak ingin merangkul UMKM terutama yang ada di kota-kota kecil. Kami percaya masa depan besar juga ada di kota kecil," imbuhnya.

Baca juga : Bank Mandiri Genjot Digitalisasi UMKM

Ia berharap, program #KotaMasaDepan dapat membuka pintu ke pasar yang lebih luas bagi UMKM di kota-kota kecil tanpa harus berpindah lokasi, dan pada akhirnya akan memberikan dampak menyeluruh bagi perekonomian daerah. “Digitalisasi telah terbukti dapat membantu UMKM untuk bertahan di masa pandemi,” tegas Neneng.

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Teten Masduki mengatakan, banyak kota-kota di Indonesia yang perlu mengejar ketinggalannya dalam digitalisasi.

Untuk itu, peran sektor swasta dalam mendukung Pemerintah sangat dibutuhkan dalam upaya percepatan transformasi digital.

Baca juga : Telkom Dan ITDC Dukung Digitalisasi Mandalika Jadi Wisata Dunia

"Saya berharap program Kota Masa Depan dapat menciptakan lebih banyak peluang pendapatan. Terutama bagi para wirausahawan dan mendorong pemulihan ekonomi di daerah-daerah tersebut serta ekonomi nasional," ujar Teten.

Managing Director PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (Emtek) Group Sutanto Hartono menuturkan, kolaborasi strategis Emtek, Bukalapak dan Grab akan memperluas penawaran digitalisasi bagi UMKM, melalui platform-platform di dalam ekosistem Emtek Kolaborasi ekosistem digital yang dimiliki Emtek dan Grab, akan memberikan akses lebih lengkap kepada para UMKM yang ada pada platformnya. Mulai dari logistik bahkan hingga keuangan inklusif, melalui platform Mitra Bukalapak dan GrabKios contohnya.

"Sementara jaringan media Emtek akan berperan untuk meningkatkan awareness baik bagi para pelanggan maupun pelaku UMKM akan penggunaan platform digital secara maksimal,” ucap Sutanto.

Baca juga : Komunitas Cyclist Srikandi BNI Dukung Digitalisasi UMKM Di Kawasan Wisata

Direktur Utama Bukalapak Rachmat Kaimuddin mengatakan, program Kota Masa Depan, yang memprioritaskan kota-kota tier 2 dan 3 di seluruh Indonesia, sejalan dengan misi perusahaan.

"Terutama dalam menciptakan a fair economy for all dengan fokus utama melakukan pemberdayaan UMKM dan melayani masyarakat yang selama ini kurang terlayani (underserved segments),” jelasnya.

Saat ini Bukalapak memiliki lebih dari 15 juta mitra UMKM yang sebagian besar berada di luar kota besar di Indonesia. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.