Dark/Light Mode

Universitas Trisakti Persiapkan Lulusannya Beradaptasi di Era Pandemi

Minggu, 28 November 2021 12:42 WIB
Universitas Trisakti Persiapkan Lulusannya Beradaptasi di Era Pandemi

RM.id  Rakyat Merdeka - Kondisi pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini menyebabkan munculnya berbagai kendala dan keterbatasan. Namun di sisi lain, kondisi tersebut membuka peluang yang bisa diciptakan.

Hal tersebut dikatakan Rektor Universitas Trisakti Kadarsah Suryadi, pada wisuda semester genap tahun akademik 2020/2021 secara daring pada Minggu (28/11/2021). Wisuda dilakukan secara daring guna mencegah potensi penularan Covid-19.

Baca juga : Universitas Prasetiya Mulya Raih Penghargaan Kewirausahaan dari Kemendikbud Ristek

Menurut Kadarsyah, pandemi Covid-19 yang sudah melanda sejak 2020 lalu menyebabkan banyak perubahan perilaku masyarakat. Pertama adalah stay at home lifestyle di mana masyarakat kini berupaya menyelesaikan segala urusan dari rumah. Kemudian, prioritas masyarakat kini mulai bergeser ke arah kesehatan dan pangan.

"Perilaku ketiga adaah semakin dominannya peran teknologi digital, termasuk untuk meningkatkan kesejahteraan lewat digital," tuturnya.

Baca juga : Keren, Bifa Tetap Luluskan 108 Pilot Di Tengah Pandemi

Menurutnya, terakhir, pandemi Covid-19 turut meningkatkan rasa empati dan sisi religius masyarakat. Rasa empati semakin tinggi lantaran banyak masyarakat yang kini berupaya menjaga kesehatan tak hanya untuk diri sendiri, tapi juga demi keluarga dan sahabat terdekat. Perubahan perilaku masyarakat yang terjadi selama pandemi Covid-19 ini pun disebutnya turut menumbuhkan industri startup.

"Di era pandemi, startup digital meningkat tajam. Saya harap Trisakti juga bisa menghasilkan startup lebih banyak lagi, karena startup digital bisa diterapkan di berbagai sektor," ujarnya.

Baca juga : Ada Revitalisasi, KCI Operasikan Bangunan Baru Di Stasiun Bekasi

Hal ini juga yang disebutnya menjadi tantangan baru perguruan tinggi di era revolusi industri 4.0. "Untuk menyikapi hal itu, maka perlu dijawab dengan membentuk dan menciptakan entrepreneur baru," ujar Kadarsyah. 

Pada wisuda kali ini, Universitas Trisakti meluluskan 2.268 wisudawan dari berbagai program pendidikan, diantaranya program doktor ada 52 lulusan, program magister 358 lulusan, program sarjana 1.299 lulusan, program profesi 276 lulusan, Diploma IV 61 lulusan, dan D III ada 222 lulusan. "Semoga para lulusan bisa berkarya yang terbaik untuk bangsa dan negara tercinta Republik Indonesia," pungkasnya. [ARM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.