Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dibalik Dua Terowongan Kembar Pertama di Indonesia

Rabu, 23 Maret 2022 15:55 WIB
Dibalik Dua Terowongan Kembar Pertama di Indonesia

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Brantas Abipraya (Persero) turut berkontribusi mendukung Pemerintah dalam pembangunan infrastruktur-infrastruktur besar, salah satunya adalah pembangunan jalan tol yaitu Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan atau yang biasa disebut dengan Tol Cisumdawu. Menghubungkan Bandung hingga Bandara Kertajati di Majalengka, tol ini merupakan tol berterowonga kembar pertama di Indonesia.

“Pada pengerjaan tol ini Brantas Abipraya tidak hanya sebagai kontraktor, namun juga berperan sebagai investor. Ini dibangun dengan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU), dan kami mengantongi 24 persen kepemilikan saham pada join venture tersebut,” ujar Sekretaris Perusahaan Brantas Abipraya Miftakhul Anas dalam keterangan tertulisnya pada media.

Baca juga : SEA Games 2022, Airlangga Harap Wushu Terus Sumbang Medali Emas Untuk Indonesia

Dikatakannya lagi, tol ini juga memiliki pemandangan terindah karena dikelilingi oleh tiga gunung vulkanik, diantaranya Gunung Tampomas, Gunung Manglayang dan Gunung Patuha. Tol sepanjang kurang lebih 62 kilometer ini terdiri dari enam seksi, meliputi Seksi 1 Cileunyi-Rancakalong sepanjang 11,45 kilometer. Seksi 1 ini telah rampung dan sudah beroperasi sejak akhir Januari lalu. Selanjutnya Seksi 2 Rancakalong-Sumedang sepanjang 17,05 kilometer. Seksi 3 Sumedang-Cimalaka sepanjang 4,05 kilometer. Seksi 4 Cimalaka-Legok sepanjang 8,20 kilometer. Seksi 5A dan 5B Legok-Ujungjaya sepanjang 14,9 kilometer. Seksi 6A dan 6B Ujungjaya-Dawuan sepanjang 6,6 kilometer.

Terletak di Jawa Barat, jalan Tol Cisumdawu menjadi sangat penting untuk efektivitas operasional Bandara International Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Pelabuhan Patimban, serta pengembangan ekonomi Kawasan Ciayu, Majalengka, Kuningan, dan Kawasan Rebana.

Baca juga : Kini Telah Ada Susu UHT Bebas Laktosa Pertama di Indonesia

“Kami optimistis tol ini dapat rampung semua Seksi, pada tahun ini. Nantinya para pengendara yang melintas akan dimanjakan dengan pemandangan hamparan sawah yang menawan. Dan harapannya melalui pembangunan tol ini, Brantas Abipraya dapat turut berkontribusi memajukan perekonomian Indonesia,” tutup Anas. [ARM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.