Dewan Pers

Dark/Light Mode

Brantas Abipraya Boyong Dua Penghargaan di TOP CSR Awards 2022

Rabu, 6 April 2022 13:06 WIB
Brantas Abipraya Boyong Dua Penghargaan  di TOP CSR Awards 2022

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Brantas Abipraya (Persero) kembali menorehkan prestasinya di bidang corporate sosial responsibility (CSR). Hal ini dibuktikan dengan raihan dua penghargaan sekaligus. Hadir dalam penganugerahan mewakilkan perusahaan menerima awards Miftakhul Anas, Sekretaris Perusahaan Brantas Abipraya dan I. Rudi Pudianto selaku Manager Sekretariat, Humas dan TJSL, BUMN ini mengantongi Top CSR Awards 2022 on #Star 4 dan Top Leader on CSR Commitment 2022 yang diraih Sugeng Rochadi selaku Direktur Utama Brantas Abipraya di TOP CSR Awards 2022.

“Brantas Abipraya berterima kasih sekali atas apresiasi yang diberikan. Kami menyadari sebagai salah satu perusahaan konstruksi tidak hanya karya infrastruktur saja yang harus unggul namun kepedulian terhadap lingkungan sekitar juga harus diutamakan,” ujar Sugeng Rochadi.

Berita Terkait : Top, Pertamina Trans Kontinental Raih 2 Penghargaan Di Anugerah BUMN 2022

Sugeng juga menambahkan ini adalah kontribusi nyata sebagai kontraktor, selain fokus pada pembangunan infrastruktur tapi juga memberikan perhatian lebih kepada sekitar dengan mempersiapkan sederet program CSR atau TJSL di seluruh proyek-proyek yang sedang digarap. Hal ini dilakukan untuk memberikan manfaat lebih dan membantu para stakeholder disekitar yang terkena dampak dari pengerjaan proyek-proyek milik Brantas Abipraya.

Dijelaskan olehnya, Direksi Brantas Abipraya mendukung penuh program TJSL Abipraya, hal ini dibuktikan selain dana TJSL yang telah ditentukan oleh Kementerian BUMN, Direksi mengamanahkan setiap proyek-proyek memiliki dana CSR sendiri agar dapat memberikan kepedulian sosial yang lebih terhadap lingkngan sekitar proyek. Dalam menggelar program tanggung jawab sosial itu, dirumuskan terlebih dahulu guna bisa tepat sasaran dan dapat mendukung strategi bisnis berkelanjutan.

Berita Terkait : Top, Patra Jasa Boyong 2 Penghargaan Anugerah BUMN Terbaik

Sugeng mengatakan bahwa proram TJSL ini dijalankan terutama pada aspek ekonomi, sosial dan lingkungan. Apalagi tiga hal tersebut merupakan motor penggerak agar suatu bisnis dapat tumbuh dan berkembang dengan tetap memperhatikan stakeholders maupun lingkungan sekitar perusahaan.

Di aspek sosial, sambung Sugeng, dengan tersebarnya proyek-proyek di seluruh Indonesia tentunya ada kegiatan CSR yang tersebar pula sesuai dengan keberadaan proyek-proyek itu. CSR di bidang sosial yang dijalankan seperti, pembagian sembako, tanggap darurat bencana, pengobatan gratis, donor darah, bantuan sarana ibadah, dan masih banyak lagi. Brantas Abipraya juga sedang menjalankan program Orangtua Asuh. Dengan melibatkan Insan Abipraya menjadi orangtua bagi anak-anak Indonesia yang pra sejahtera.

Berita Terkait : GeoDipa 2 Kali Raih Penghargaan Tertinggi Bidang CSR

Selanjutnya bidang Lingkungan, beberapa programnya antara lain, berupa penanaman pohon di area sekitar proyek, penebaran bibit ikan di bendungan yang dikerjakan perusahaan, Brantas Abipraya juga berkontribusi menyediakan failitas air bersih di Sukabumi dengan bersinergi bersama beberapa perusahaan BUMN. Ditambah lagi, sejak tahun 2018 BUMN ini telah melakukan penanaman 12.500 bibit pohon sengon dan saat ini mengelolanya dengan bermitra bersama warga lokal di Kampung Legok Banteng, Desa Cijayanti, Bogor. Tahun 2020, BUMN ini juga melakukan penanaman ribuan pohon di area PLTM Padang Guci, Bengkulu.

“Brantas Abipraya berkomitmen dalam mendukung skala prioritas CSR, dari enam pilar yang kami jalankan, namun saat ini kami khususnya tiga pilar yang telah diarahkan oleh Kementerian BUMN yaitu di bidang Pendidikan, Lingkungan, Pembinaan UMKM. Sehingga minimal 60% dari dana TJSL Abipraya akan dialokasikan ke dalam bidang-bidang tersebut. Hal ini dimaksudkan program-program tersebut bisa terlaksana dengan maksimal dan ini adalah kontribusi kami untuk selalu ada untuk Indonesia,” tutup Sugeng. [ARM]