Dark/Light Mode

Papua Coffee Expo 2023, Upaya Kembangkan Kopi Papua Berdaya Saing Global

Rabu, 24 Mei 2023 16:12 WIB
Pembukaan Papua Coffee Expo 2023. (Foto: Istimewa)
Pembukaan Papua Coffee Expo 2023. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pameran kopi Papua Coffee Expo 2023 digelar di Papua Youth Creative Hub (PYCH), di Jalan Poros, Jayapura. Acara yang mengusung tema “Kopi Papua untuk Indonesia dan Dunia” ini berlangsung dari 24 sampai 27 Mei 2023.

Bank BCA menjadi sponsor utama acara ini. Acara juga didukung beberapa sponsor lainnya seperti Bank Indonesia, PGN, Adhi Karya, Pertamina Hulu Energi, Schlumberger, Indosino, Pupuk Kaltim, Perta Arun Gas, Global Teknik Inspeksi, PGN Solution, Perta Daya Gas, dan Citra Panji Manunggal.

Papua Coffee Expo 2023 merupakan pameran kopi terbesar yang mendukung, memfasilitasi, dan mensinergikan rantai kopi Papua dari hulu hingga ke hilir. Mulai dari petani kopi, produsen dan distributor mesin kopi, barista, sampai para penikmat mopi Papua.

“Expo ini diharapkan menjadi fondasi awal pengembangan ekosistem usaha kopi Papua yang berkualitas dan berdaya saing nasional dan global, sehingga dapat berkontribusi bagi peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Papua,” ucap Lita Numberi, Ketua Panitia Papua Coffee Expo 2023, seperti keterangan yang diterima redaksi, Rabu (24/5).

Baca juga : Perempuan Pengusaha Indonesia Serukan Kerja Sama Global

Dalam sambutan yang disampaikan melalui video, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyampaikan ucapan selamat dan mendukung kegiatan expo tersebut untuk meningkatkan pasar kopi Papua di dunia dan mengembangkan ekonomi kreatif untuk kesejahteraan masyarakat Papua. “Saya sangat sangat bangga dan memberikan apresiasi yang besar kepada Papua Coffee Expo 2023 yang telah berkontribusi untuk memperkenalkan kopi-kopi Nusantara ke dunia,” ucapnya.

Plh Gubernur Papua Muhammad Ridwan Rumasukun menerangkan, salah satu komoditas unggulan Papua adalah kopi. Sebab, kopi Papua memiliki keunikan cita

rasa yang khas. "Papua Coffee Expo ini akan menggerakkan ekonomi Papua dengan menghubungkan ekosistem industri kopi dari hulu ke hilir hingga memasarkan kopi Papua ke pasar global,” kata Ridwan.

Dia juga menyampaikan, akan mendukung usaha kopi yang dilakukan anak-anak muda Papua, dan akan membawa pelaku usaha kopi dan UMKM lainnya ke Milan Expo pada September 2023.

Baca juga : Harkitnas 2023, Mentan Dorong Kebangkitan Kinerja Sektor Pertanian

Sejak 1890-an, kopi jenis Arabika juga mulai ditanam di wilayah Papua. Mengutip catatan sejarah dari The Sumatera Post, pada 20 April 1920, kopi jenis Robusta pertama kali ditanam Zending DC Bout di Ambaidiru, Kepulauan Yapen, Papua. Kemudian, tahun 1950-an ketika wilayah Papua berada di bawah kekuasaan Belanda, tumbuhan kopi terus berkembang di Papua dengan didukung oleh kondisi alam yang masih mempertahankan unsur-unsur alamiahnya. Hal ini membuat kopi Papua semakin banyak ditemui dan dikenal penikmat kopi, serta memiliki cita rasa kopi yang berkualitas tinggi dan keunikan tersendiri.

Tumbuh suburnya tanaman kopi ditambah tingginya angka penikmat kopi, maka Lita dan beberapa anak-anak muda Papua, yang sebelumnya juga telah bergabung dengan gerakan Papua Muda Inspiratif, dan kemudian berkembang dalam wadah Papua Youth Creative Hub yang diresmikan Presiden Jokowi, tercetuslah ide menyelenggarakan Papua Coffee Expo 2023.

“Ini dapat menjadi wadah kepada para pelaku industri kopi Papua untuk memperkenalkan dan mempromosikan biji-biji kopi pilihan, peralatan produksi kopi, bahan-bahan pelengkap racikan kopi sebagai minuman, makanan pendamping, dan juga kebutuhan maupun tools (peralatan) lainnya untuk mengembangkan ekosistem bisnis kopi di Papua,” imbuh Christian Siboro, pembina anak-anak muda Papua tersebut.

Selama penyelenggaraan Papua Coffee Expo 2023, akan ada berbagai acara dan program yang sangat menarik. Meliputi Kompetisi Video Documentary, Latte Art, dan Manual Brew, kemudian seminar untuk Farmer, Roastery, dan Barista, Talk Show, entertainment, dan berbagai acara menarik lainnya. Panitia menyediakan total hadiah unthk masing-masing lomba sebesar Rp 10 juta.

Baca juga : EAEF 2023 Gelar Rangkaian Acara Bersama Para Mitra Indonesia Di Moskow

Seminar untuk Farmer, Roastery, dan Barista merupakan proses transfer knowledge yang dipimpin oleh pakar di bidang masing-masing. Sementara, Talk Show akan mengangkat tiga tema berbeda, yakni Kopi Papua untuk Indonesia dan Dunia, Proyeksi Market Kopi Papua di Indonesia dan Global, serta Pentingnya Digital Marketing Produk Kopi.

Melalui acara Papua Coffee Expo 2023, diharapkan para pelaku industri Kopi Papua dari hulu hingga hilir akan memperoleh kesempatan memperoleh ilmu baru dan bisa mempromosikan biji kopi pilihan. Sehingga industri kopi Papua dapat memiliki daya saing pada kancah nasional maupun internasional.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.