Dark/Light Mode

Mobil listrik: Masa Depan Transportasi Ramah Lingkungan

Senin, 28 Agustus 2023 12:33 WIB
Ilustrasi mobil listrik. (Foto : Ist)
Ilustrasi mobil listrik. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Transportasi adalah salah satu sektor yang paling banyak menyumbang emisi gas rumah kaca di dunia. Ini disebabkan oleh penggunaan bahan bakar fosil, seperti minyak bumi, batu bara dan gas alam yang menghasilkan emisi karbon dioksida yang dapat menyebabkan pemanasan global.

Untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dari sektor transportasi perlu dilakukan transisi ke energi terbarukan. Energi terbarukan dapat digunakan untuk menggerakkan kendaraan listrik yang tidak menghasilkan emisi gas buang.

Lina, ketua panitia "Indonesia Renewable Energy Investment Summit 2023" dari PT Shan Hai Map mengatakan kendaraan listrik menjadi salah satu solusi untuk transportasi yang lebih bersih dan ramah lingkungan.

Baca juga : Kiai Said: Waspadai Kontaminasi Paham Radikal di Lingkungan Pemerintah

"Kendaraan listrik tidak menghasilkan emisi gas buang, sehingga tidak berkontribusi terhadap pemanasan global. Selain itu, kendaraan listrik juga lebih hemat biaya karena tidak perlu menggunakan bahan bakar minyak," kata Lina dalam keterangan tertulisnya pada Senin (28/03).

Diterangkan Lina, harga kendaraan listrik masih lebih mahal dibandingkan dengan kendaraan konvensional. Namun, harga kendaraan listrik terus menurun seiring dengan perkembangan teknologi. Diperkirakan, harga kendaraan listrik akan menjadi lebih terjangkau dalam beberapa tahun ke depan.

Berbagai upaya yang dilakukan oleh pemerintah dan masyarakat ini diharapkan dapat membuat kendaraan listrik menjadi lebih populer di Indonesia.

Baca juga : Pertamina Bantu Desa Pulau Semambu Sulap Pertanian Jadi Lebih Ramah Lingkungan

"Dengan semakin banyaknya kendaraan listrik di Indonesia, maka emisi gas buang kendaraan bermotor dapat dikurangi. Hal ini akan berdampak positif bagi lingkungan hidup," jelas Lina.

Beberapa manfaat dari penggunaan energi terbarukan untuk transportasi misalnya, mengurangi emisi gas rumah kaca yang dapat menyebabkan pemanasan global. Menghemat biaya bahan bakar minyak. Meningkatkan ketahanan energi karena energi terbarukan tidak akan habis dan menciptakan lapangan kerja baru di bidang energi terbarukan.

Membahas mengenai manfaat mobil listrik tentu tak lepas dari energi terbarukan. Karena itu, menurut Lina, PT Shan Hai Map mendorong energi terbarukan maka dapat menjaga lingkungan hijau disuatu negara, kestabilan suhu bumi sehingga mencegah terjadinya perubahan iklim.

Baca juga : Ganjar Hadirkan Konsep Ramah Lingkungan-Futuristik

Maka dari itu, perusahaan Shan Hai Map akan menyelenggarakan event yang bertemakan "Indonesia Renewable Energy Investment Summit 2023" yang akan diadakan pada tanggal 13-14 November di Grand Ballroom Hotel Pullman Jakarta Barat.

"Jika tertarik dan merupakan salah satu pelaku bisnis yang berkaitan dengan bidang energi terbarukan, anda dapat mendaftarkan diri anda dan perusahaan anda melalui link atau email ke https://forms.gle/CdNueFyrUJ7GrW5S7 [email protected]," jelas Lina.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.