Dark/Light Mode

Shopee Berhasil Dorong UMKM Indonesia Ekspor

Rabu, 21 Oktober 2020 16:47 WIB
Shopee Berhasil Dorong UMKM Indonesia Ekspor

RM.id  Rakyat Merdeka - Shopee berhasil juga mendukung ratusan UMKM yang dibina oleh Bank Indonesia, berbagai Kementerian RI dan pihak instansi pemerintahan terkait, menyusul lebih dari 20.000 UMKM binaan Shopee yang telah berhasil ekspor ke Malaysia, Singapura, dan Filipina.

Menteri Perdagangan Republik Indonesia, Agus Suparmanto, dalam rilisnya mengatakan, di tengah pandemi Covid-19, UMKM diharapkan mampu memainkan perannya sebagai penopang perekonomian bangsa, ikut serta menggerakkan ekonomi, dan menjaga daya beli masyarakat. UMKM harus bisa menangkap peluang ketika terjadi perubahan pola konsumsi masyarakat dengan adanya kebijakan pelaksanaan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). 

Baca juga : Ariel Noah Seneng Jadi Nominator Indonesian Esports Awards

“Nilai konsumsi dalam negeri yang besar dapat memberikan kontribusi dan membantu UMKM untuk tetap bertahan, beradaptasi, bahkan berkembang dalam situasi kebiasaan baru,” ujar Mendag Agus.

Sinergi Shopee dan Instansi Pemerintahan, berhasil mendukung ratusan UMKM yang telah dibina oleh beberapa instansi pemerintahan, seperti Kementerian Perindustrian RI, Bank Indonesia, Kementerian Perdagangan RI, dan Pemerintahan Daerah. Shopee mendukung lanjutan program pelatihan dan pendampingan online yang diikuti oleh program ekspor ke negara-negara tempat Shopee beroperasi, dimulai dari Malaysia, Singapura, dan Filipina. Diikuti oleh ratusan UMKM binaan lain yang sedang dalam masa inkubasi untuk ikut mengimplementasikan Program Ekspor melalui Shopee berikutnya.

Baca juga : Sapi Wagyu Penuhi Kebutuhan Daging Indonesia

Head of Public Policy and Government Relations ,Radityo Triatmojo, menuturkan, peran dan fungsi kami sebagai perusahaan digital yang bergerak di ranah industri e-commerce, menegaskan komitmen kami dalam tidak hanya bertindak sebagai penyelenggara program untuk mendukung UMKM, tetapi juga sebagai wadah konkrit dari terbukanya akses penjualan dan pemasaran secara digital dan luas. 

"Melalui inisiatif gerakan Shopee Bersama UMKM ini, kami senantiasa memberikan program pelatihan, pendampingan, dan juga penerapan implementasi literasi digital untuk bisnis UMKM binaan kami dan juga telah dibina oleh pihak-pihak instansi pemerintahan yang bersinergi dengan Shopee. Kami berharap perkembangan program ekspor untuk UMKM binaan ini dapat senantiasa berlangsung dengan sistem pemasaran yang optimal hingga akhir tahun 2020 dan seterusnya.” ungkapnya. [ARM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.