Dark/Light Mode

Smart Village, Wajah Masa Depan Indonesia

Kamis, 1 Oktober 2020 19:39 WIB
Wamendes PDTT Budi Arie Setiadi (Foto: Kemendes PDTT)
Wamendes PDTT Budi Arie Setiadi (Foto: Kemendes PDTT)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Budi Arie Setiadi bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko meresmikan Desa Kemuning di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah sebagai Smart Village, Kamis (1/10).

Desa Kemuning, Kecamatan Ngargoyoso, adalah salah satu percontohan Smart Village Nusantara yang ditopang PT Telkom, selain Desa Pangandaran.

Baca juga : Cara Simpel Menua dengan Sehat

"Digitalisasi adalah keniscayaan. Tugas kita sekarang adalah bagaimana memastikan digitalisasi mampu memajukan masyarakat desa. Smart Village adalah masa depan Indonesia," kata Wamendes Budi Arie dalam soft launching Piloting Smart Village Nusantara.

Dijelaskan, masa depan Indonesia ada di 3 sektor. Yaitu pertanian, perikanan, dan pariwisata. Ketiga sektor itu ada di desa.

Baca juga : Jepang Prioritaskan Indonesia

"Dan ketiganya belum digarap optimal. Potensi yang luar biasa harus didorong untuk memajukan perekonomian desa, sesuai arahan dan perintah Presiden Jokowi," kata Budi Arie.

"Suatu desa akan maju, jika banyak anak muda di desa, sumber daya manusia yang inovatif, serta partisipasi warga desa," imbuhnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.