Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Expo IT Road Safety Expo 2020, Inovasi Pelayanan Publik Berbasis IT

Selasa, 24 November 2020 16:40 WIB
Kapolri Jenderal Pol Idham Azis, memberikan sambutan pada  IT Road Safety Expo 2020
Kapolri Jenderal Pol Idham Azis, memberikan sambutan pada IT Road Safety Expo 2020

RM.id  Rakyat Merdeka - Korlantas Polri secara perdana menyelenggarakan IT Road Safety Expo 2020, di Aula Djajoesman, Korlantas Polri, Jakarta (24/11). 

Perkembangan kehidupan masyarakat yang sangat cepat menjadikan permasalahan lalu lintas dan angkutan jalan makin kompleks dan dinamis. Untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas Indonesia, maka Polri melakukan upaya peningkatan dengan modernisasi sistem teknologi informasi secara berkelanjutan. Kata Kapolri Jenderal Pol Idham Azis dalam Keynote Speech secara virtual sesaat setelah membuka IT Road Safety Expo 2020.

“Selaku pimpinan Polri saya sangat mengapresiasi jajaran Korlantas Polri atas inisiatif dan langkah-langkah nyata dalam mengembangkan sistem teknologi dan informasi. Hal ini harus terus dilakukan secara optimal sehingga tercipta budaya aman dan tertib berlalu lintas masyarakat. Saya mengucapkan terimakasih kepada Kakorlantas Polri dan seluruh pihak, semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat besar dalam mewujudkan institusi Polri yang semakin dicintai oleh masyarakat,” tuturnya

Baca juga : Olimpiade 2020, Panpel Dan Publik Belum Akur

Sementara Kakorlantas Polri Irjen, Irjen Pol. Drs. Istiono, MH menyampaikan, pembangunan IT di road safety dalam bentuk back office, aplikasi, dan network yang berbasis artificial intellegent dan internet of think merupakan langkah Korlantas dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

“Tentunya ini mempermudah pelaksanaan tugas Korlantas. Dan program road safety policing ini disiapkan sebagai langkah terobosan kreatif penjabaran kebijakan Kapolri pada fungsi lalu lintas yang berbasis teknologi untuk terbangunnya big data dan one gate service,” ujarnya. 

Kakorlantas menjelaskan sistem jaringan yang dibangun dan operasionalkan dalam road safety policing merupakan sistem back office, aplikasi dan network untuk mendukung program inisiatif anti korupsi, reformasi birokrasi, dan mewujudkan pelayanan prima yang memenuhi standard-standard:  cepat, tepat, akurat, transparan, akuntabel, informatif, dan mudah diakses.

Baca juga : Catat, Ini 5 Lokasi Pelayanan SIM Keliling Di Jakarta

“Dimasa Pandemi ini kita sangat mendorong inovasi-inovasi pelayanan publik yang berbasis IT. Kita juga melakukan langkah-langkah terobosan untuk mengurangi kerumunan orang datang ketempat lokasi pelayanan dan ini sangat membantu sesuai kondisi saat ini yaitu memenuhi Prokol Kesehatan Covid-19

Pameran dan seminar Expo IT Road Safety 2020 yang bertema “Standardisasi dan Integrasi Sistem TI Korlantas Polri”, dilangsungkan selama tiga hari 24-26 November 2020. Kegiatan dilaksanakan dengan penerapan protokol Covid-19 ketat.

“Saya harapkan tahun depan pameran ini terus digelar dan dikembangkan. Hari ini kita laksanakan dengan protokol Covid, peserta yang hadir hanya 50 orang dan mudah-mudahan tahun depan kita bisa melakukan pameran ini dengan maksimal karena IT perkembangannya sangat cepat,” ujar Kakorlantas.

Baca juga : TPR Award 2020, Apresiasi Kinerja Public Relations

Turut hadir dalam kesempatan ini, Dirkamsel Korlantas Polri Brigjen Pol Chrysnanda, Dirgakkum Brigjen Pol Kushariyanto, Dirjen Hubdar, Dirut Jasa Raharja, Dirut BRI, Dirut BNI, perwakilan Kemendagri, Kemenpan RB, PUPR , dan pakar transportasi. Sementara menyaksikan kegiatan Expo melalui layar virtual Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy mendamping Kapolri Jenderal Idham Azis. [ARM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.