Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

TPR Award 2020, Apresiasi Kinerja Public Relations

Rabu, 28 Oktober 2020 11:35 WIB
TPR Award 2020, Apresiasi Kinerja Public Relations

RM.id  Rakyat Merdeka - Teropong Public Relations (TPR) Award 2020  yang digelar media Teropong Senayan bermaksud memberikan apresiasi sebesar-besarnya terhadap peran dan fungsi Public Relations dalam menunjang kinerja sebuah institusi maupun perusahaan.

Pemimpin Redaksi Teropong Senayan, Rihad Wiranto, mengatakan penghargaan ini berlandaskan pada proses riset dengan metode media content analysis. Metode ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana isi dan pesan sebuah konten dari berbagai pemberitaan mengenai instansi yang bersangkutan.

Baca juga : TOP GRC Awards, Apresiasi Kinerja Bisnis

"Umumnya sebuah pemberitaan, baik itu internal maupun eksternal, terhadap sebuah institusi dapat diketahui maknanya, apakah pemberitaan itu mengesankan pesan positif atau negatif, dan yang pasti akan berdampak pada khalayak. Di ranah eksternal institusi, akan kita dapati bagaimana sentimen masyarakat. Institusi yang mendapat sentimen positif menandakan kinerja public relations terjalankan dengan baik," kata Rihad.

Ia melanjutkan, kajian riset juga didasarkan pada desk riset, media insight, dan review dari juri TPR Award 2020 yang terdiri dari: Komisi I DPR RI, Meutya Viada Hafid; Wakil Ketua Perhimpunan Hubungan Masyarakat Indonesia (Perhumas), Rizka Septiana; dan Ketua Umum Asosiasi Public Relations Indonesia (APPRI), Jojo S. Nugroho.

Baca juga : Tak Terpengaruh Corona, Kinerja Pelni Moncer

Ketua Umum APPRI, Jojo S Nugroho, mengatakan sejak merebaknya pandemi COVID-19, profesi PR mendapatkan sejumlah tantangan. Di antaranya adalah dalam hal koordinasi komunikasi dengan publik. Protokol kesehatan, kata Jojo, membuat komunikasi, semisal, konferensi pers, harus dilakukan secara virtual.

Kendala lain, kata Jojo, pandemi telah mengakibatkan finansial organisasi perusahaan maupun institusi menurun. Dalam keadaan yang sulit seperti itu, perusahaan terpaksa melakukan transformasi bisnis dari cara-cara konvensional menjadi digital, sehingga dana operasional kehumasan kerap terkena imbasnya.

Baca juga : Luhut Apresiasi Kerja PMI Tangani Covid-19

Adapun peraih penghargaan Teropong Public Relations Award 2020 terbagi 8 kategori "Kami ucapkan selamat kepada para pemenang yang meraih penghargaan TPR Award 2020. Apresiasi tinggi yang kami berikan ini semoga menjadikan penyemangat keberlanjutan kerja-kerja kehumasan yang lebih baik lagi. Di luar itu, kami juga mendorong PR lembaga lain untuk menunjukkan fungsi messenger-nya agar dapat membawa pengaruh baik bagi publik," tambah Rihad. [ARM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.