Dark/Light Mode

Menelisik Kenikmatan Kopi Luwak Toraja

Selasa, 8 Desember 2020 16:36 WIB
Menelisik Kenikmatan Kopi Luwak Toraja

RM.id  Rakyat Merdeka - Kafe Excelso memperkenalkan Kopi Luwak Toraja sebagai salah satu dari jenis-jenis kopi Single Origin yang menjadi kebanggaan Indonesia. 

Head of Corporate Communication Kapal Api Global, Pangesti Bernardus mengatakan, Istilah single origin secara sederhana dapat diterjemahkan sebagai asal mula, atau tempat pertama kopi itu berasal. Umumnya, single origin mengacu kepada satu wilayah, tempat, atau daerah spesifik dan tak bisa direkayasa. Salah satu kopi andalan kami di Excelso, yakni Kalosi Toraja misalnya, diproduksi dari biji kopi dari perkebunan di Toraja. Bila bibitnya dipindah ke daerah lain, maka aroma kopi yang dihasilkan tidak akan sama. 

Baca juga : Memilih Produk Kecantikan yang Ramah Lingkungan

"Dengan teknologi menyeduh kopi yang berbeda, satu jenis kopi yang sama akan menghasilkan aroma, acidity dan body yang berbeda. Aroma adalah bau khas yang dikeluarkan pada waktu pengadukan lapisan bubuk kopi sesaat setelah penyeduhan, contohnya adalah aroma buah (fruity), aroma bau kacang (nut-like), aroma bunga (herbal) dan sebagainya" tuturnya. 

Acidity adalah sensasi keasaman yang menyegarkan bagian dari cita rasa yang terbentuk setelah seduhan dicicipi dan di tahan didalam rongga mulut selama 3-5 detik. Body adalah sifat kekentalan (mouthfeel) kopi, biasanya dinilai dengan cara menggosokan lidah dengan langit-langit mulut sehingga ada kesan kekentalan dari cairan.

Baca juga : Blue Korintji Kembangkan Kopi Arabika Lewat Blockchain

“Tujuan dari teknik penyeduhan kopi untuk mendapatkan cita rasa kopi agar sesuai dengan yang kita inginkan Tentu saja mana yang lebih enak akan tergantung pada selera masing masing konsumen,” kata Pangesti. 
Bagi para penggemar kopi yang lebih menikmati kopi melalui aroma harum dan rasa yang lebih asam, dapat memilih cara menyeduh kopi menggunakan alat bernama Syphon Brew. 

“Hasil seduhannya akan menghasilkan aroma yang lebih harum, tingkat acidity berskala tinggi, sementara bodynya cenderung tidak kental,” pungkas Pangesti seraya menambahkan penjelasan tentang protokol pencegahan COVID 19 yang dengat ketat dijalankan di semua Kafe Excelso di Indonesia. [ARM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.