Dewan Pers

Dark/Light Mode

Wisman India Ngebet Berwisata Ke Indonesia, Ini Persiapan Sandiaga Uno

Rabu, 24 Nopember 2021 12:50 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno. (Foto: Instagram)
Menparekraf Sandiaga Uno. (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyampaikan, banyak wisatawan asal India yang ingin berlibur ke Indonesia di periode libur Natal dan Tahun Baru nanti.

Menurutnya, peluang itu segera diambil pihak maskapai dan industri pariwisata yang sudah membentuk paket wisata untuk wisman asal India. Termasuk, 3 hari karantina bagi wisman India yang telah menerima vaksin dosis lengkap.

Berita Terkait : WSBK Sukses, Kadin Indonesia Genjot Pembangunan Sarana Medis Lombok Tengah

"Akan tetapi, ada hal-hal yang harus disepakati oleh pihak Indonesia dan India terkait dengan dibukanya kembali border international untuk wisatawan kedua negara ini,” ujar Sandi, Rabu (24/11).

Pihak Kemenparekraf juga sudah bertemu dengan Duta Besar India untuk Indonesia di Jakarta. Menurut Sandi, untuk tujuan pariwisata, penerbangan dari India memerlukan Mutual Recognition Arrangement (MRA) antara India dan Indonesia dalam bentuk Memorandum of Understanding (MoU) alias nota kesepahaman.

Berita Terkait : Lolos Ke-16 Besar Indonesia Open, Marcus/Kevin Keluhkan Jadwal Mepet

Jika sudah ada MRA, pihak Indonesia dan India akan menghubungkan aplikasi tracing dan tracking yang seperti PeduliLindungi. Sehingga, wisman asal India akan terus terpantau dari mulai keberangkatan, tiba di destinasi wisata, dan kembali lagi ke negaranya.

India sendiri telah membuka pintu masuknya bagi wisatawan asing sejak 15 November 2021. Pembukaan untuk wisman itu lewat skema air travel bubble.
 Selanjutnya